Jitunews.Com
9 Oktober 2019 19:13 WIB

Sukmawati: KPK Itu Utama dan Penting untuk Mengadili Presiden Soeharto dengan Rezimnya

Sukmawati meminta adanya perbaikan KPK

Sukmawati Sokarnoputri. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Putri Presiden Indonesia Sukarno, Sukmawati Soekarnoputri, menilai kinerja KPK sudah baik selama ini. Menurutnya, KPK bisa menangkap para koruptor.

"Saya amati kiprah dari KPK tersebut sejak reformasi sampai sekarang ya baguslah, artinya sudah beberapa koruptor yang ditangkap dan diadili ya," kata Sukmawati dalam konferensi pers di kantor DPP PNIM, Jakarta Selatan, Rabu (9/10).

Menurutnya, masih ada catatan yang mengecewekan sejak KPK didirikan di era Presiden Megawati Soekarnoputri. Sukmawati mengatakan bahwa seharusnya bisa mengusut kasus dugaan korupsi di era Presiden RI ke-2 Soeharto.



Soal Perppu KPK, JK: Masih Ada Jalan yang Konstitusional

"Tadinya Ibu menyangka bahwa aspirasi rakyat di dalam tuntutannya waktu (reformasi 1998) itu betul-betul dijalankan. Artinya, KPK itu utama dan penting untuk mengadili Presiden Soeharto dengan rezimnya, tetapi ternyata tidak," ucap Sukmawati.

Sukmawati menyebut UU KPK yang ada hanya bisa mengusut kasus dugaan korupsi di era reformasi hingga saat ini.

"Kalau dipelajari UU KPK didirikannya itu hanya bisa mengusut menindak itu perkara korupsi sejak reformasi hingga sekarang, itu kekecewaan saya kok UU-nya begitu, bukannya yang terutama sebagai tuntutan mahasiswa dan rakyat 1998 untuk adili Soeharto," ujarnya.

Ia meminta adanya perbaikan KPK agar bisa mengusut dugaan korupsi di rezim Soeharto dan kroni-kroningnya sebelum reformasi.

"Iya dilengkapi lagi, terutama direvisi bahwa Presiden Soeharto itu, walau orangnya sudah nggak ada ya, tapi kroni-kroni, keluarga masih ada. Itu juga turut diadili ya gitu. Itu kan tuntutan reformasi, gitu ya," ujar Sukmawati.

Ada Typo, DPR Akan Serahkan Perbaikan UU KPK Sebelum 17 Oktober
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita