Jitunews.Com
9 Oktober 2019 16:50 WIB

Pengerjaan Tol Layang Jakarta Cikampek II Sudah 98%, Diibaratkan Cerita Legenda Bandung Bondowoso

Tol layang ini dibangun dalam waktu dua setengah tahun

Jalan Tol Cikampek II elevated (Dok. KSP)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Uji coba pengoperasian jalan Tol Cikampek II elevated untuk kendaraan umum pada Desember 2019 ini bakal mengakhiri keruwetan lalu-lintas di Tol Cikampek, khususnya pada libur Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan hari libur nasional. Perjalanan ke arah timur serta Jakarta-Bandung pp diprediksi lebih cepat dan memangkas waktu tempuh setengah sampai satu jam.

Hal tersebut terungkap saat Tim Kedeputian I dan Kedeputian IV Kantor Staf Presiden di bawah koordinator Tenaga Ahli Utama Febry Calvin Telelepta melihat langsung perkembangan tahap akhir penyelesaian Tol Jakarta Cikampek II elevated di kawasan simpang susun Cikunir dan kilometer 17, Bekasi, Selasa (9/9/2019).



Dunia Usaha Harus Proaktif Dukung Swasembada Pangan

Dibangun dalam waktu dua setengah tahun, pengerjaan tol layang ini seperti mengulang cerita legenda Bandung Bondowoso saat mendirikan candi Prambanan. Jika melihat skala dan tantangan yang menghadang, penyelesaian tol sepanjang 38 kilometer ini bisa dibilang cepat tanpa sedikitpun meninggalkan mutu konstruksi.

“Nantinya para pengendara bisa langsung masuk tol layang di simpang susun Cikunir dari manapun berasal. Tol Cawang, Jatiasih, dan Cakung,” ucap Dono Parwoto Senior Vice President PT Waskita Karya (Persero) Tbk, kontraktor pembangunan jalan tol ini.

Kini pengerjaan sudah mencapai 98 persen dan tinggal menyisakan dua persen, termasuk uji beban. Namun justru dibagian ini perlu kecermatan ekstra.

“Walaupun sisa dua persen harus hati-hati, karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan berkendara,” tukas Febry di depan kontraktor, pengelola, dan karyawan pembangunan jalan tol ini.

Tahun Depan, Pemerintah Bangun 47 Pembangkit Diesel

Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita