Jitunews.Com
18 September 2019 18:47 WIB

Maman Sebut Keutuhan Negara Tak Cukup Hanya dengan Bekerjanya Perangkat Negara

Maman menyebut berbagai isu adalah hal yang lebih penting dibanding pembangunan

Dewan Syura DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH. Maman Imanulhaq Faqih (Jitunews/Vicky)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dewan Syura DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH. Maman Imanulhaq Faqih, menanggapi soal kerusuhan Papua beberapa waktu yang lalu. Menurut Maman, sulit untuk menyatukan berbagai jenis kultur.

"Menguatkan bingkai imajinasi kolektif kebangsaan dalam satu kesatuan entitas politik sama sekali bukan hal yang mudah, terlebih dalam masyarakat yang multikultur," ujar Maman di Jakarta, Rabu (18/9).

Maman menyebut keutuhan negara tidak cukup hanya dengan kinerja perangkat negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Menurutnya, keutuhan negara ditentukan oleh kuatnya kelompok masyarakat untuk mewujudkannya.



Akhirnya PBB Putuskan Nasib Kedaulatan Papua

"Rekatnya keutuhan negara tidak cukup terjalin hanya dengan menghadirkan dan memastikan bekerjanya perangkat-perangkat negara dalam memenuhi kebutuhan dasar warganya. Lebih dari itu, keutuhan negara ditentukan oleh seberapa kuat sekelompok masyarakat merasa menjadi bagian dari proyek kolektif yang bernama negara bangsa," tuturnya.

Maman menyebut berbagai isu adalah hal yang lebih penting dibanding pembangunan dan pengentasan kemiskinan.

"Dalam hal ini, isu identitas, relasi, solidaritas, kesetaraan, dan kohesivitas sosial menjadi mantra utama yang boleh jadi lebih penting ketimbang pembangunan dan pengentasan kemiskinan," ujar Maman.

61 Tokoh Papua Bertemu Jokowi, Gubernur Papua: Orang Sembarangan, Gak Ada Kapasitas Jelas
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita