Jitunews.Com
18 September 2019 19:00 WIB

Peneliti Ungkap Khasiat Minum Teh untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Menurut para ahli, wilayah otak yang lebih terorganisir terkait dengan fungsi kognitif yang baik.

(istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Siapa sangka, kebiasaan minum teh ternyata punya manfaat kesehatan layaknya obat. Hal ini diungkap lewat penelitian dari National University of Singapore (NUS) yang menyatakan minum teh teratur akan memberi sensasi rileks dan tingkatkan kesehatan otak.

Dari hasil riset terungkap, mereka yang rutin konsumsi teh memiliki wilayah otak yang terorganisir lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Menurut para ahli, wilayah otak yang lebih terorganisir terkait dengan fungsi kognitif yang baik.

Hasil riset ini seolah memberi angin segar bagi kita untuk bisa mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif ini. Selain konsumsi teh, peneliti juga menganalisis faktor-faktor lain seperti kesehatan, gaya hidup, dan kesejahteraan psikologis.



Mulai Sekarang Rutinlah Lakukan 4 Aktivitas Simpel Ini Setiap Bangun Tidur, Rasakan Manfaatnya!

Riset yang diterbitkan dalam the scientific journal Aging membuktikan, peserta yang mengonsumsi berbagai jenis teh, baik teh hijau, oolong, atau teh hitam, memiliki daerah otak yang saling berhubungan dengan cara lebih efisien daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Manfaat positif tersebut mereka temui pada peserta yang minum teh setidaknya empat kali seminggu selama sekitar 25 tahun.

Riset ini telah dan menunjukkan minum teh teratur memiliki efek perlindungan terhadap kemampuan organisasi otak karena faktor usia. Menurutnya, daerah pada otak dapat dianologikan dengan kondisi lalu lintas jalan raya.

Anggap daerah otak sebagai tujuan, sementara koneksi antar daerah otak adalah jalan. Ketika sistem jalan lebih terorganisir, pergerakan kendaraan dan penumpang lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit sumber daya.

Sumber: Kompas

Yuk Cegah Demensia dengan Rutin Berjalan Kaki
Halaman:
  • Penulis: Kesdik Bayu

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita