Jitunews.Com
18 September 2019 17:00 WIB

Yuk Cegah Demensia dengan Rutin Berjalan Kaki

Demensia adalah gangguan kognitif yang ditandai penurunan fungsi memori. Orang awam kerap menyebutnya pikun.

pikun pada pria muda (Janganbrisik.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seiring bertambahnya usia, fungsi kognitif seperti mengingat dan berfikir akan menurun. Pikun adalah salah satu gejalanya. Nah Kamu bisa lho mencegah pikun sejak dini. Bagaimana caranya?

Dilansir dari Guesehat (10/9), kamu bisa menurunkan resiko demensia atau pikun hanya dengan rutin berjalan kaki. Ternyata, rutinitas jalan kaki dapat memberikan manfaat yang sangat baik.

Khusus bagi para lanjut usia ataupun bagi orang dewasa, berjalan kaki mampu membuat kondisi tubuh menjadi lebih prima. Hal ini karena berjalan kaki bisa membakar kalori dan juga tekanan darah menjadi lebih terkontrol.



Sering Disepelekan, Ternyata Buah Nanas Memiliki Segudang Manfaat untuk Tubuh Lho

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of British Colombia di Kanada, menemukan bahwa olahraga ringan seperti jalan kaki bisa menurunkan risiko masalah kognitif dengan sangat baik.

Selain itu, yang terpenting adalah fisikmu menjadi lebih aktif dan dinamis sehingga baik sekali untuk melindungi fungsi otak. Rutin berjalan kaki bisa disebut seperti rutin berolahraga. Menurut American Assosiation for the Advancment of Science, rutinitas berjalan kaki dapat menjadi cara mencegah demensia sebesar 40%.

Para peneliti juga menemukan bahwa lansia dengan usia di atas 60 tahun yang rutin jalan kaki sebagai pengganti olahraga, setidaknya selama 1 jam setiap hari , akan terbebas dari berbagai masalah kognitif yang merupakan gejala demensia.

Mulai Sekarang Rutinlah Lakukan 4 Aktivitas Simpel Ini Setiap Bangun Tidur, Rasakan Manfaatnya!
Halaman:
  • Penulis: Kesdik Bayu

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita