Jitunews.Com
17 September 2019 12:30 WIB
Dibaca 1034 x

Penuh Akan Khasiat? Ini Fakta Tentang Obat Herbal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Berikut sedikit rangkuman tentang obat herbal yang mungkin saja belum kamu ketahui

ilustrasi ()

ilustrasi

Sudah menjadi salah satu budaya tersendiri jika obat herbal digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi penyakit atau masalah kesehatan tertentu. Mayoritas masyarakat di Tanah Air percaya bahwa obat herbal bisa menjadi solusi yang tepat bagi setiap penyakit yang mereka miliki.

Entah hanya sekedar menjaga kebugaran tubuh atau digunakan untuk menangani penyakit ringan, namun tak jarang dari beberapa orang yang mengalami penyakit kronis dan takut untuk menjalani pengobatan medis memilih untuk mencoba pengobatan alternatif, seperti penggunaan obat herbal.



Seandainya Kamu Tahu Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Namun, tak semua kalangan masyarakat yang mempercayai atau yakin akan khasiat dari obat herbal tersebut, masih banyak orang yang meragukan kemampuan obat herbal dalam mengobati setiap penyakit. Rangkuman berikut ini berisikan fakta tentang obat herbal yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut ulasannya.

ilustrasi

1. Jamu atau herbal bukanlah obat

Sebagaimana diketahui, seseorang yang telah memiliki penyakit akan rutin mengonsumsi obat herbal dengan tujuan supaya sembuh. Namun perlu diingat bahwa herbal bukanlah obat. Mereka lebih ke solusi preventif atau pencegahan sebelum penyakit mengerikan terjadi. Bisa dibilang penggunaan herbal diibaratkan sebagai penanganan pertama terhadap suatu masalah yang terjadi pada tubuh kita.

2. Berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Beberapa jamu atau herbal memang kerap dijual bebas. Mereka memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imunitas untuk mencegah datangnya penyakit.

3. Tidak mengobati penyakit secara instan

ilustrasi

Berbeda dengan obat kimia buatan pabrik yang apabila diminum akan langsung terasa efeknya. Herbal bisa dibilang tidak mengobati secara langsung, artinya tidak ada dampak langsung yang diterima oleh tubuh jika mengonsumsinya, namun efek akan timbul secara bertahap.

4. Dapat digunakan bersamaan dengan obat kimia

Herbal merupakan obat preventif dan tidak dapat mengobati penyakit secara instan. Alhasil penggunaan herbal bersama obat kimia dapat dilakukan dengan aman. Namun perlu diingat, jangan menggabung dua obat tersebut secara bersamaan, melainkan memberikan jeda sekira dua jam dalam mengonsumsinya, dan tentu saja berkonsultasi dengan dokter.

5. Herbal dan obat kimia memberi dampak positif penggunanya

Dalam beberapa kasus, penggunaan obat herbal bersamaan dengan obat kimia bisa memberikan efek yang positif. Seseorang bahkan bisa lepas dari obat kimia yang diresepkan dokter untuk seumur hidup dan cukup menggantinya dengan meminum herbal.

Berikut sedikit rangkuman tentang obat herbal yang mungkin saja belum kamu ketahui. Untuk kamu yang sama sekali belum pernah mencoba obat-obatan herbal ini, bagaimana menurutmu? Ingin mencoba herbal atau tetap menggunakan obat kimia?

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Ramuan Herbal Ini Bisa Obati Gatal-gatal dengan Cepat!
Halaman:

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita