Jitunews.Com
23 Agustus 2019 16:45 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mengalami Penuaan Dini

Banyaknya kegiatan juga terjadi pola hidup tidak sehat karena minimnya kesadaran diri kita mengenai kesehatan sehingga menimbulkan penuaan di usia dini.

Ilustrasi Olahraga (okezone.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Usia muda adalah fase dimana saat itu kita memiliki kegiatan atau kesibukan yang banyak dan terjadwal. Namun dari kegiatan-kegiatan tersebut, tak luput juga kemungkinan terjadinya pola hidup tidak sehat. Mulai dari makanan yang di makan hingga waktu istirahat, dan waktu olah raga yang tidak terealisasikan. Hal hal tersebut muncul karena minimnya kesadaran kita mengenai kesehatan, atau dampak pola hidup yang tidak sehat. Padahal kita semua tahu bahwa kesehatan adalah anugerah yang tak ternilai, maka wajib bagi kita untuk menjaga dan mensyukurinya.

Lalu bagaimana menjalankan pola hidup sehat? Yang pertama, kamu harus memperhatikan kebiasaanmu sehari-hari dan perlahan-lahan merubahnya agar nanti kita mulai terbiasa menjalankan pola hidup sehat.

1. Pola Makan



Yuk Mulai Makan Makanan Ini Jika Kamu Menderita Asam Urat

Hal pertama dan yang paling berpengaruh besar ialah mengatur pola makan. Pilihlah makanan yang sesuai dengan kebutuhan jasmanimu. Kita tidak perlu takut dengan jenis makanan yang dipercaya mengakibatkan ini mengakibatkan itu, stop berpikir seperti itu. Setiap manusia memiliki tubuh masing masing, memiliki daya tahan tubuh yang berbeda- beda. Maka dari itu ketahuilah dirimu sendiri sebelum kamu berprasangka terhadap makanan baru kemudian memutuskan bagaimana langkah yang tepat bagimu untuk menjaga kesehatan.

2. Mulailah Bergerak

Olahraga secara teratur merupakan kunci berikutnya setelah pola makan. Olahraga disini adalah gerakan gerakan yang memperlancar kerja organ tubuh. Luangkan waktumu 5 menit saat pagi, sore dan malam menjelang tidur.  Tidak perlu olahraga berat yang menguras energi dan waktu, cukup dengan jalan-jalan atau lari dengan rutin di sekitar rumah atau kantor anda.

3. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup dan teratur merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan bahkan kecantikan anda. Selain bertujuan mengistirahatkan tubuh akibat lelahnya beraktivitas dan juga mengatasi stres, manfaat tidur untuk kecantikan juga sudah populer di Jepang dan Korea. Tidur juga harus dibatasi, jangan terlalu lama tidur juga karena tubuh kita tidak akan dapat memulai aktivitasnya masing masing dengan optimal.

4. Minum Air Putih yang Banyak

Jumlah minimal air yang harus kita minum  yaitu 8 gelas atau sekitar 2 liter perharinya. Cara yang satu ini adalah cara yang paling mudah, murah dan hemat, juga ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Kita semua tau bahwa kita masih kurang banyak mengonsumsi air putih dalam sehari.

5. Biasakan Berpikir Positif

Berpikir positif akan berpengaruh sangat banyak terhadap kesehatan tubuh kita tanpa kita sadari. Otak merupakan organ yang berfungsi memrogam tubuh kita. Segala aktivitas akan dikoordinasikan dengan otak sebelum dijalankan oleh bagian tubuh. Maka ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa pikiran positif akan menghindarkan kita dari stres, bahkan meningkatkan rasa percaya diri kita, serta menjaga kinerja organ tubuh tetap maksimal.

Suka Makan Pakai Tangan? Ini Manfaat yang Kamu Dapat
Halaman:
  • Penulis: Chafidz Hidayat

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita