Jitunews.Com
22 Agustus 2019 12:39 WIB

PPSN Gelar FGD Pertanian 4.0, Daryatmo: untuk Tingkatkan Daya Saing Produk Pertanian

Simak berita selengkapnya

PPSN menggelar FGD dengan tema Penerapan Teknologi Pertanian Cerdas 4.0 dan Blackchain untuk Daya Saing Pangan Nasional (Jitunews/Khairul)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pusat Pengkajian Strategi Nasional (PPSN) menggelar FGD dengan tema Penerapan Teknologi Pertanian Cerdas 4.0 dan Blackchain untuk Daya Saing Pangan Nasional.

Ketua Dewan Pengurus PPSN, Marsekal Madya TNI (Purn) Daryatmo S.IP mengatakan bahwa FGD ini adalah tindaklanjut PPSN yang tengah berkonsentrasi pada kajian yang terkait masalah pertanian dan pangan.

Baca Juga: Diduga Ada Kasus Alat Kesehatan, Tipikor Kejati Kalbar Geledah RSUD Ade M Djoen Sintang



Sukses Lakoni Bisnis Budidaya Tanaman Hanya dengan Mengikuti Tips Ini

FGD ini juga didasari oleh asumsi adanya pertumbuhan penduduk yang sangat signifikan di Indonesia tercatat pada akhir tahun 2018 ini jumlah penduduk telah mencapai 266,79 juta jiwa dan pada tahun 2045 diperkirakan mencapai 330-350 juta jiwa.

“Pertambahan penduduk yang fantastis ini belum lagi ditambah masalah urbanisasi, perkembangan golongan menengah keatas dan juga perubahan iklim yang sangat berpengaruh terhadap pertanian,” ujar Daryatmo di kantor PPSN, Kuningan, Jakarta, Kamis (22/8).

Daryatmo menyebut urbanisasi, perkembangan golongan menengah keatas dan juga perubahan iklim mendorong terjadinya peningkatan harga pangan dan tuntutan keanekaragaman produk pangan yang cukup sehat dan bernutrisi.

Sebelum Jadi Member Duo Semangka, Variola May Ternyata Jadi Model Dewasa, Intip Fotonya!

“Dari sinilah dituntut kemampuan para petani untuk mengefektifkan dan mengefesienkan proses dan produk pertanian,” tuturnya.

Dalam hal ini, Daryatmo menilai sudah saatnya dipikirkan dan dilaksanakan pertanian presisi dan lebih khusus lagi penerapn pertanian cerdas 4.0 dan Blackchain untuk menghadapi tantangan tersebut dalam dalam upaya meningkatkan ketersediaan pangan.

“FGD ini tidak lain untuk menghimpun berbagai pemikiran konstruksif yang berfokus kepada penerapan pertanian cerdas dan blackchain untuk meningkatkan daya saing produk pertanian,” pungkasnya.

Disebut Jadi Menteri Jokowi, Ganjar Pranowo: Supaya Pak Presiden Punya Kaki-kaki Kuat...

Hadir dalam FGD ini sebagai pembicara Prof.Dr.Ir Yandra Arkeman. M.Eng, Prof.Dr.Ir Kudeng Boro Suminar. M.Sc dan Dr. Sigit Widiyanto S.T, M.Sc

Terpilih Kembali Sebagai Ketum RKIH, Kris Budiharjo Usulkan Suharno Jadi Menteri Pertanian
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar,  Nugroho Meidinata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita