Jitunews.Com
13 Agustus 2019 14:40 WIB
Dibaca 421 x

Pengen Sehat Saat Santap Olahan Daging Qurban? Yuk Simak Tips Ini

simak tipsnya

ilustrasi ()

Idul adha telah berlalu, masih banyakkah daging kurban di rumahmu? Mungkin telah habis setelah dirubah menjadi sate ataupun masakan lain, tapi mungkin juga masih tersedia melimpah ruah. Perlu diingat lagi jangan mengonsumsi daging terlalu berlebihan, karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dalam jangka pendek ataupun panjang. Simak beberapa tips berikut, agar tubuh tetap sehat setelah memakan daging kurban.

1. Menghindari olahan daging yang digoreng

ilustrasi



Gawat! Ini yang Terjadi Jika Anak-anak Sering Terpapar Polusi Udara

Mengonsumsi daging yang digoreng atau diolah dengan minyak bisa menambah jumlah asupan kalori harian kamu menjadi berlebihan. Ketika asupan kalori berlebih, risiko tubuh menggemuk pun meningkat.

2. Berjalan kaki sesudah makan daging

Lakukan berjalan kaki selama 30 menit untuk memastikan makanan dicerna dengan sempurna agar tubuh merasa ringan dan sehat. Pakar diet dan dokter juga menyarankan agar seseorang harus menyelesaikan makan dalam jangka waktu dua jam sebelum waktu tidur.

3. Minum teh hijau setelah makan daging kurban

Minumlah secangkir air lemon atau teh hijau untuk membantu meningkatkan metabolisme dan menetralisir lemak pada daging. Disarankan untuk tidak menambahkan gula jika ingin mengonsumsi teh tersebut.

4. Hindari minuman bersoda

ilustrasi

Penelitian mengatakan dampak dari minuman bersoda atau minuman tinggi gula lainnya setelah makan daging tidak terlihat dalam jangka waktu yang singkat. Hanya saja berdasarkan riset makan daging dengan diiringi minum minuman manis atau bersoda terbukti dapat membuat tubuh lebih gemuk. orang yang minum soda atau minuman manis setelah makan daging menumpuk lemak yang tidak terpakai dibandingkan mereka yang hanya minum air putih. Lemak yang tidak terpakai ini bisa menumpuk di area pinggul, perut atau paha.

5. Beri jeda waktu

ilustrasi

Ingin tetap sehat saat makan olahan daging kurban? Para pakar menyarankan beri jeda waktu enam jam antara waktu makan. Jadi jika kamu makan daging saat makan siang pukul 12.00, sebaiknya menyantap daging lagi pada pukul 18.00.

Tubuh memiliki periode dalam mencerna makanan. Selain itu, tubuh juga punya waktu sendiri untuk istirahat. Maka dari itu, jika kamu ingin tetap sehat maka penting untuk mengatur jam makan, termasuk menyantap daging.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Selain Baik untuk Kulit, Buah Satu Ini Bisa Obati Kanker Hingga Jantung Koroner, Penasaran?
Halaman:

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita