Jitunews.Com
8 Agustus 2019 13:27 WIB

Warga Desa Sungai Bemban Pertanyakan Izin Tambang Galian C

Kegiatan galian C ini tertutup dan sebelum beraktivitas juga tidak ada sosialisasi kepada warga

Lahan tambang galian C di RT 14 RW 04 Desa Sungai Bemban, Kecamatan kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Jitunews/Ngadri)

KUBU RAYA, JITUNEWS.COM - Sejumlah Warga mempertanyakan ijin lahan tambang galian C di RT 14 RW 04 Desa Sungai Bemban, Kecamatan kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat yang sudah beraktivitas selama 5 bulan.

"Kami minta pihak terkait meninjau ulang perijinan galian C dan tata kelolanya. Supaya tidak merusak lingkungan," kata Samsuri, Kamis (8/8/2019).

Lebih lanjut, Samsuri mengatakan, lahan galian C terkait tambang tanah kuning perlu perhatian secara layak. Supaya keberadaan tambang tak merusak sumber daya alam disekitar lingkungan masyarakat desa sungai bemban Barat.



Jalankan Restrukturisasi, Krakatau Steel Ingin Kinerja Kembali Sehat

"Keberadaan tambang galian C tanah kuning ditengah masyarakat ditingkat desa sungai bemban. Apabila kondisi tambang itu rusak selayaknya dilakukan rehablitasi kembali agar lokasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat," ujarnya.

Perlu ditata ulang kembali lahan galian C yang rusak oleh pihak terkait. Supaya lahan itu dapat digunakan dan dikelola untuk keberlangsungan ekosistem alam disekitarnya," ucap tokoh masyarakat desa sungai bemban.

"Kita minta lahan galian C ditata dengan baik. Supaya pajak daripada usaha galian C masuk dalam pajak pendapatan daerah. Begitu juga tata kelola lahan galian C tak merusak lingkungan disekitarnya," tukasnya.

Kegiatan galian C ini tertutup dan sebelum beraktivitas juga tidak ada sosialisasi kepada warga. Mereka tiba-tiba datang dan langsung bekerja mengambil tanah dan tanahnya entah dibawa kemana kita juga tidak tau.

Ditreskrimsus Polda Kalbar Bongkar Kasus Penipuan Online

Halaman:
  • Penulis: Ngadri,  Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita