Jitunews.Com
7 Agustus 2019 11:30 WIB

Status Waspada! Merapi Luncurkan Awanpanas "Wedus Gembel" Sejauh 1,2 Km

gunung merapi kembali menunjukkan aktifitas vulkaniknya

Awanpanas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo max. 65 mm dan durasi ±120 detik. Jarak luncur ±1200 m ke arah hulu Kali Gendol. status waspada sejak 21 Mei 2018 (BPPTKG)

JAKARTA - JITUNEWS.COM - Berstatus waspada mulai sejak Mei 2018 pagi ini (7/8/19) Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar. Aktivitas vulkanik ini terpantau BPPTKG. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi merupakan badan yang memantau aktivitas kebencanaan geologi di Indonesia.

Sejak hari selasa terjadi 4 kali guguran lava dengan jarak luncur sampai 800 meter ke arah Yogyakarta (Kali Gendol). Aktivitas itu terpantau jelas oleh kamera CCTV. Kemudian pada tanggal 7 Agustus pukul 01:07 gunung Merapi kembali mengeluarkan guguran. Kali ini guguran disertai dengan awanpanas atau warga sekitar menyebutnya wedus gembel. "Awanpanas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo max. 65 mm dan durasi ±120 detik. Jarak luncur ±1200 m ke arah hulu Kali Gendol" jelas BPPTKG.

Sampai saat berita ini diturunkan status waspada Merapi berada di level 2 yang berarti untuk strerilisasi (aktivitas manusia) dengan radius 3 Km dari puncak.



Peluang Ekspor Akar Gingseng Jepang (Gobo) Terbuka Lebar

 

Melon Granat, Primadona Baru Buah Melon?
Halaman:
  • Penulis: Gun-Gun

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita