Jitunews.Com
21 Juli 2019 21:20 WIB

5 Makanan 'Murah' yang Mampu Cegah Penyakit Kanker

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan makanan ini di pasaran, harganya juga terjangkau.

Ilustrasi buah dan sayuran. (Shutterstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Terdapat banyak jenis makanan yang diklaim mampu mencegah timbulnya sel kanker. Makanan-makanan tersebut mengandung zat yang berfungsi melawan kanker, seperti, antioksidan, fitronutrien dan sulforaphane.

Berikut ini daftar makanan yang mengandung antioksidan untuk mencegah kamu terkena kanker.

Baca juga: Perut Buncit Ternyata Membawa Bahaya Bagi Kesehatan



Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Minum 7 Pilihan Jus Ini

1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang ternyata lebih banyak dari buah jeruk. Selain itu brokoli juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Phytonutrisi sulforaphane dalam brokoli juga sudah terbukti dalam penelitian mampu mengurangi risiko berbagai jenis kanker.

2. Tomat

Tomat mengandung lycopene yang di samping menjadikan warna buahnya merah, juga bersifat sebagai zat anti-kanker. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Clinical of Oncology mengungkapkan bahwa tomat mampu mengurangi risiko seseorang terkena kanker prostat.

Selain kanker prostat, lycopene dalam tomat berfungsi guna mencegah jenis kanker lainnya, seperti kanker mulut, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, getah pancreas, dan kanker usus.

3. Paprika merah

Paprika merah adalah sayuran yang dapat meningkatkan gizi dalam tubuh. Mengandung vitamin A,C, beta karoten dan juga antioksidan, menjadikan sayuran ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta sangat baik untuk kesehatan kulit dan penglihatan.

Baca juga: 5 Kesalahan Wanita saat Memakai Masker Wajah, Kulit Jadi Keriput!

4. Kayu manis

Kayu manis dikenal sebagai bahan makanan yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah, pun sifatnya yang anti-inflamasi. Kayu manis juga berfungsi sebagai pencegah kanker. Kandungan zat di dalamnya menurut penelitian dapat membunuh sel-sel kanker dan menghentikan penyebarannya di dalam tubuh.

5. Kubis

Kubis juga merupakan salah satu sayuran yang mengandung antioksidan. Selain itu, kubis juga mengandung vitamin C, K, beta karoten, dan juga kaya akan kalsium. Kubis juga mengandung sulforaphane, yaitu zat kimia yang efektif sebagai zat anti kanker.

Dapatkan Rambut Cantik Alami Tanpa Harus ke Salon, Begini Caranya
Halaman:
  • Penulis: Kesdik Bayu

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita