Jitunews.Com
7 Juli 2019 11:11 WIB

Siapa Bilang Temulawak Bisa Tingkatkan Nafsu Makan, Ini Penjelasannya

Benarkah kandungan temulawak ini mampu tingkatkan nafsu makan?

Rempah-rempah. (Shutterstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anak-anak biasanya sulit sekali untuk makan teratur, hal ini karena nafsu makannya berkurang. Untuk menambah nafsu makan, kerap kali kita menggunakan suplemen berbahan dasar temulawak. Namun, benarkah kandungan temulawak ini mampu tingkatkan nafsu makan anak?

Dr. Harun Wijaya, SpA dari Siloam Hospitals TB Simatupang menjelaskan, bahwa sebelum memberikan obat atau suplemen penambah nafsu makan berbahan temulawak, orangtua sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu penyebab anak susah makan. Hal ini tentu bisa didasari berbagai alasan, seperti anak sedang sakit sampai kebiasaan makan anak yang salah.

Bila penyebab masalah makan yang terjadi pada anak berasal dari kebiasaan makan yang salah, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengubah kebiasaan makan anak menjadi lebih baik.



Tak Melulu Baik, Konsumsi Sayuran Ini Tiap Hari Justru Bisa Mengganggu Kesehatanmu

Sementara itu, temulawak memang merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai obat atau suplemen, selain sebagai bahan pangan. Salah satu efek yang dikenal dari temulawak adalah penambah nafsu makan.

Namun, hingga kini, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa temulawak dapat secara konsisten meningkatkan nafsu makan anak. Tidak ada salahnya, memang, memberikan temulawak. Namun, saran dari dr. Harun Wijaya, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan anak kamu tidak mau makan.

Sumber: 1Health

Perut Buncit Ternyata Membawa Bahaya Bagi Kesehatan
Halaman:
  • Penulis: Kesdik Bayu

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita