Jitunews.Com
1 Juli 2019 15:49 WIB

Jangan Biarkan Anak Duduk dengan Posisi W, Bahaya!

Posisi duduk seperti ini bisa menahan proses pengembangan kekuatan dan keseimbangan inti

Ilustrasi (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagian orang tua tidak mengetahui bahaya dari apa yang dilakukan oleh sang anak, misal posisi duduk.

Anak-anak memiliki kebiasaan duduknya masing-masing yang dirasa nyaman. Salah satunya posisi duduk W. Duduk dengan posisi dipilih oleh sang anak ketika sedang bermain atau menonton televisi.

Tahukah kamu bahwa duduk dengan posisi W ternyata memiliki efek buruk?



Awas! Sering Begadang Bisa Meningkatkan Resiko Terjangkit 5 Penyakit Berbahaya Ini Lho

Nyatanya, posisi duduk seperti ini bisa menahan proses pengembangan kekuatan dan keseimbangan inti yang dibutuhkan bagi keterampilan motorik tertentu.

Hal inilah yang bisa memengaruhi kemampuan si anak untuk melompat dan berlari.

Selain itu, posisi ini memicu beberapa masalah kesehatan, seperti:

Gangguan ortopedi

Kebiasaan duduk ini dapat menyebabkan anak-anak menderita dislokasi panggul (displasia). Dislokasi panggul merupakan kondisi cacat bawaan atau kelainan struktur tubuh yang disebabkan oleh keluarnya sendi panggul yang lemah dari tempatnya.

Otot kaku

Posisi duduk W juga bisa menyebabkan posisi paha, otot hip adductors, otot yang pemutar bagian tubuh ke dalam, dan urat keting (otot diatas tumit) saling berdekatan.

Apabila sang anak mudah mengalami kekakuan otot, atau terdeteksi mengalami pemendekan otot permanen, maka mintalah ia untuk duduk pada posisi yang lain.

Masalah neurologis/ keterlambatan perkembangan

Seorang anak yang mengalami pertumbuhan massa otot berlebih (hypertonia atau spasticity), posisi W akan mengakibatkan pertumbuhan gerak anak semakin abnormal.

Meski sepele, nyatanya hal ini bisa berakibat buruk bagi si anak. Jadi, mulai sekarang tegurlah anak-anak yang duduk dengan posisi W.

Penderita Diabetes Tak Boleh Makan 5 Jenis Buah-buahan Ini
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita