Jitunews.Com
30 Juni 2019 16:17 WIB

Waspada, Ini Penyakit yang Bisa Diturunkan dari Ayah ke Anak

Penasaran?

Genetika DNA (okezone)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ibarat buah jatuh tak jauh dari pohonnya mungkin tepat dengan kesehatan anak yang dipengaruhi oleh kedua orang tuanya.

Penyakit keturunan sendiri disebabkan oleh kelainan gen yang diturunkan orang tua ke anak. Gen yang terdapat di kromosom manusia sangat kompleks sehingga faktor penyebab kelainan juga banyak dipengaruhi oleh kombinasi antara genetik dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:   Penerbangan Perdana Air Asia, Bukti Dimulainya Peralihan Rute Domestik Bandung ke Kertajati



4 Minuman Ini Terkenal Bisa Turunkan Tekanan Darah dengan Cepat

HUT Ke-33 PT KBN, Direksi Beberkan Pencapaian Positif Korporasi

Menurut Prof. Dr. dr. Wahyuning Ramelan, Sp.And, dari FK Universitas Indonesia (UI), jika pada kromosom X ayah maupun ibu terdapat sebuah gen yang menentukan faktor risiko suatu jenis penyakit, maka anak perempuannya akan berisiko menderita penyakit tersebut.

Sementara, jika pada kromosom Y ayah terdapat gen yang membawa faktor risiko penyakit atau kelainan, maka anak laki-lakinya akan berisiko mewarisi penyakit tertentu.

Kali ini, Jitunews akan membahas penyakit turunan yang bisa diturunkan dari ayah ke anak. Laluu, apa saja sih penyakitnya? Berikut beberapa penyakit yang bisa menular ke anak dari ayah yang diwartakan Motherandbaby.com (17/6).

1. Jantung

Penyakit ini diturunkan melalui kromosom orang tua yang tidak normal. Lebih dari 85 persen kasus penyakit jantung bawaan pada anak disebabkan oleh banyak faktor yang diwariskan.

Kamu tidak perlu cemas, yang harus dilakukan adalah pemeriksaan sedari awal pada anak balita. Pada usia 13 minggu, rata-rata kelainan jantung pada anak sudah dapat dilihat.

Guna Mengulang Kesuksesan 20 Tahun Lalu, Golkar Akan Adakan Rapimnas Tahun Ini

2. Kolesterol dan darah tinggi

Penyakit ini ditularkan melalui kromosom X ayah ataupun ibu yang menghambat proses metabolisme lemak. Hal ini berisiko menyumbat pembuluh arteri dan menyebabkan kadar kolesterol di dalam darahnya meningkat.

Perlu dilakukan pemeriksaan rutin kadar kolesterol anak pada usia di atas 2 tahun dan kurang dari 10 tahun.

Waduh, Ternyata Bensin di Dalam Tangki Bisa Basi Lho, Berbahayakah?

3. Diabetes

Penyebabnya adalah sejumlah gen pengendali yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Anak penderita diabetes tipe 1 tentunya memiliki ayah yang juga mengidap diabetes tipe 1.

Pengobatanya bisa menggunakan suntikan insulin untuk menjaga kadar gula darahnya tetap normal.

Dijamin Ampuh, Hanya Butuh 2 Menit, Tekanan Darah Kamu Bisa Turun
Halaman:
  • Penulis: Nugroho Meidinata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita