Jitunews.Com
28 Juni 2019 10:29 WIB

4 Minuman Ini Terkenal Bisa Turunkan Tekanan Darah dengan Cepat

Risiko yang paling berbahaya yaitu penderita tekanan darah tinggi bisa terkena stroke, serangan jantung atau gagal jantung kronis.

()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi ketika darah mengalir melalui pembuluh darah tubuh dengan kekuatan lebih. Tekanan darah tinggi ini memiliki banyak efek yang merusak tubuh.

Baca juga: Ini 7 Trik Kehidupan yang Harusnya Kamu Kuasai

Karenanya, kita harus menjaga tekanan darah untuk tetap normal. Dilansir dari Health Ambition, berikut 4 minuman yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.



Segera Konsumsi Makanan Ini untuk Turunkan Kolesterol Jahat!

1. Jus delima

Dilansir dari WinnetNews, di dalam jus delima terdapat kandungan berbagai macam vitamin dan potasium yang bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus menurunkan tekanan darah. Kandungan ini juga mampu menurunkan kadar ACE, sejenis enzim yang bisa membuat pembuluh darah semakin menyempit.

2. Jus jeruk

Kandungan potasium di dalam jus jeruk cukup tinggi. Selain itu, di dalam jus jeruk juga terdapat kandungan asam folat dan bioflavonoid. Kedua kandungan ini bisa membuat jantung dan pembuluh darah semakin sehat, meningkatkan sistem metabolisme, dan membuat tekanan darah menurun.

3. Susu

Adanya kandungan potasium, kalsium, dan fosfor di dalamnya sangat tinggi. Ditambah dengan adanya kandungan vitamin D yang bisa menyehatkan jantung dan sirkulasi darah, maka rutin mengonsumsinya tentu akan membantu mengatasi hipertensi.

Baca juga: Waspada! Ini 5 Pertanda Suami Ingin Bercerai dengan Istrinya

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam British Journal of Nutrient, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi susu, baik itu yang rendah lemak ataupun yang tinggi lemak bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kandungan asam palmitic yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks dan memperlancar aliran darah.

4. Air kelapa

Sebuah studi dari jurnal The West Indian Medical menganalisis efek mengonsumsi air kelapa pada pasien hipertensi selama 2 minggu.

Hasilnya, tekanan darah secara signifikan lebih rendah pada pasien yang minum air kelapa sebagaimana dikutip dari grid.id.

Tak Selalu Baik untuk Tubuh, Minum Air Putih dengan Cara Ini Bisa Rusak Pencernaan
Halaman:
  • Penulis: Kesdik Bayu

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita