Jitunews.Com
14 Juni 2019 11:53 WIB

Pertamina Sediakan 66,5 KL Biosolar untuk Road Test B30

Pertamina secara aktif men-support penuh pelaksanaan uji jalan atau road test b30 dengan menyediakan produk solar sejumlah 66,5 KL

Petugas mengisi bahan bakar B30 saat peluncuran Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) pada kendaraan bermesin diesel, di Jakarta, Kamis (13/6). (Bisnis/Abdullah Azzam)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) mendukung uji coba penggunaan bahan bakar B30 atau campuran 30% minyak kelapa sawit dengan solar pada kendaraan bermesin diesel di Kantor Kementerian ESDM.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menyatakan, sebagai pemegang mandat pemerintah terkait program Biodiesel, Pertamina secara aktif men-support penuh pelaksanaan uji jalan atau road test b30 dengan menyediakan produk solar sejumlah 66,5 KL.

"Salah satu dukungan kami adalah turut aktif mensosialisasikan program biodiesel yang diamanatkan kepada pertamina, selain menyediakan bahan bakar B30 untuk diuji coba pada 3 unit truk dan 8 kendaraan berpenumpang mesin diesel," kata Fajriyah, Jakarta, Kamis (13/6).



Eks Bos Pertamina Divonis Bersalah, Kementerian BUMN 'Berbenah'

Menurut dia, infrastruktur Pertamina sanggup melayani penyaluran B20 ke masyarakat. Namun, untuk penyaluran B30 masih dibutuhkan beberapa upgrading.

"Saat ini, kami memiliki 111 Terminal BBM yang siap untuk mendistribusikan B20, sedangkan titik pencampuran FAME dilaksanakan di 29 titik pencampuran yaitu 26 TBBM dan 3 kilang," tutur dia.

Fajriyah melanjutkan, realisasi penyaluran B20 pada tahun 2018 sebesar 16 juta KL serta realisasi penyerapan FAME pada tahun 2018 sebesar 3,2 juta KL.

Dukungan penuh Pertamina terhadap program biodiesel, lanjut Fajriyah, semakin lengkap melalui pelumas terbaru untuk mesin kendaraan berbahan bakar biodiesel, Meditran SX Bio.

Produk ini di design untuk bekerja dengan Bio Diesel dari B5 hingga B50 dan diperuntukan bagi mesin diesel tugas berat (Heavy Duty Diesel Engine).

"Pertamina juga menyiapkan produk pelumas khusus untuk kendaraan yang menggunakan biodiesel (B5-B50) yaitu Meditran SX Bio 15W-40," tuntas dia.

Pertamina MOR III Raih Bronze Award di Ajang PR Week Asia 2019
Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita