Jitunews.Com
12 Juni 2019 10:51 WIB

Menguak Segudang Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan Tubuh

Masih ada banyak manfaat yoghurt lainnya bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Ilustrasi. (Magic4Walls)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Yoghurt termasuk sumber makanan tinggi probiotik, bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Namun, tahukah kamu bahwa masih ada banyak manfaat yoghurt lainnya bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan?

Ternyata probiotik di dalam yoghurt bisa bermanfaat untuk mengatasi diare. Sebab, itu membuat mikroflora di usus menjadi lebih baik dan diare bisa diredakan dengan segera.

Baca juga: Konsumsi Buah-buahan Ini Jika Ingin Jantung Kamu Tetep Sehat



Jangan Konsumsi Makanan Ini saat Sarapan, Efeknya Berbahaya!

"Probiotik di yoghurt juga memicu tubuh produksi sel T, yaitu sel yang membantu proses infeksi sehingga imunitas tubuh lebih baik," ujar spesialis gizi klinis, dr. Arti Indira Sp.GK. dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa, (11/6).

Mengutip dari Viva, yoghurt memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat baik, yaitu kasein. Kandungan kasein tersebut ampuh untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

"Konsumsi 180 mililiter yoghurt per hari bisa untuk turunkan dan cegah tekanan darah. Sebab kandungan kasein di yoghurt bisa untuk turunkan tekanan darah. Selain itu, ada kalsium dan kalium juga yang turut membantu turunkan tekanan darah," ungkapnya.

Kalsium di yogurt juga bermanfaat untuk menyehatkan tulang. Dengan begitu bisa membantu mencegah osteoporosis. Bahkan, vitamin di dalamnya ampuh membuat bobot tubuh tetap ideal.

"Yoghurt merupakan padat gizi tapi kalori tidak terlalu tinggi, sehingga membuat kenyang lebih lama. Maka konsumsinya bisa kapan saja dan setiap hari bahkan saat perut kosong sekalipun," kata dia.

Mengutip dari laman HelloSehat, berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi yogurt bagi kesehatan tubuh.

  • Menurunkan tekanan darah
  • Sumber protein yang baik
  • Menggantikan energi setelah olahraga
  • Membantu sistem pencernaan
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Sumber vitamin dan mineral
  • Memperkuat sistem imun
  • Membantu menurunkan berat badan
Jangan Panaskan Opor Sisa Lebaran Berulang Kali, Dampaknya Berbahaya!
Halaman:
  • Penulis: Kesdik Bayu

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita