Jitunews.Com
20 Mei 2019 22:42 WIB

Temui Bos Freeport, Jonan Terbang ke AS, Ini yang Dibahas

Kunjungan kerja Jonan ini dilakukan untuk mendorong dan memastikan dua hal utama dalam pelaksanaan IUPK OP PTFI.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan Kunjungi Freeport Mc Moran Center bersama Sekjen dan Dirjen Minerba serta Dirut PTFI, Dirut Inalum, dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. (KESDM)

PHOENIX, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, beserta tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan kunjungan kerja ke Phoenix, Amerika Serikat (AS), 19-20 Mei 2019.

Mereka bertandang ke Negeri Paman Sam untuk melakukan pertemuan dengan CEO Freeport-McMorran, Richard Adkerson, dalam rangka mendukung dan meningkatkan pelaksanaan Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK OP) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua.

Dalam keterangan yang diterima hari ini, Senin (20/5), disebutkan bahwa PTFI saat ini merupakan pemegang IUPK Operasi Produksi yang mayoritas sahamnya telah dimiliki Indonesia melalui PT Inalum.



Biofuel Didorong Jadi Solusi Tekan Impor Migas

Kunjungan kerja Jonan ini dilakukan untuk mendorong dan memastikan dua hal utama dalam pelaksanaan IUPK OP PTFI.

Pertama, tata kelola lingkungan yang sesuai dengan roadmap yang telah ditetapkan. Kedua, penyelesaian fasilitas pemurnian (smelter) di Indonesia dalam waktu 5 tahun setelah IUPK OP diterbitkan.

Selain itu, Jonan mengunjungi pula salah satu fasilitas operasi tambang tembaga milik Feeeport-McMorran di Morenci, Arizona.

Kunjungan ke Morenci dilakukan untuk melihat standar serta kelayakan fasilitas operasi tambang Freeport McMoRan yang akan menjadi standar pelaksanaan operasi tambang PTFI sebagai salah satu perusahaan tambang kelas dunia (world class mining company).

Selanjutnya besok, Selasa (21/5), Jonan akan melanjutkan kunjungan kerja ke Houston bertemu dengan pihak ConocoPhillips. Rombongan dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada 24 Mei 2019.

 

Mulai Besok, Posko Nasional ESDM Siap Kawal Pasokan BBM dan Listrik Selama Mudik
Halaman:
  • Penulis: Riana

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita