Jitunews.Com
20 Mei 2019 04:09 WIB

Survei Tahap III Pra Konstruksi Rig Blok Mahakam, Pertamina Gaet P3GL dan Elnusa

Survei tersebut menggunakan wahana Kapal Riset (KR) Geomarin III dilengkapi jasa layanan peralatan air-gun seismik.

Untuk mengoptimalkan potensi migas lepas pantai wilayah Blok Mahakam, Kalimantan Timur, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Kementerian ESDM akan bekerja sama intensif dengan PT. Elnusa, Tbk pada survei Pertamina Hulu Mahakam (PHM) 3rd Call pada awal Agustus 2019. (KESDM)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Untuk mengoptimalkan potensi migas lepas pantai wilayah Blok Mahakam, Kalimantan Timur, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Kementerian ESDM akan bekerja sama intensif dengan PT. Elnusa, Tbk pada survei Pertamina Hulu Mahakam (PHM) 3rd Call pada awal Agustus 2019.

Ditemui di Cirebon, Jumat (17/5) lalu, Kepala P3GL, Hedi Hidayat, mengungkapkan bahwa sebelumnya, P3GL dengan Elnusa telah bekerja sama dalam survei geofisika bertajuk PHM 1st Call pada April - Mei 2018 dan dan PHM 2nd Call dilaksanakan pada awal tahun 2019.

Survei tersebut menggunakan wahana Kapal Riset (KR) Geomarin III dilengkapi jasa layanan peralatan air-gun seismik.



Temui Bos Inpex di Jepang, Jonan Finalisasi Blok Masela

"Kiprah P3GL terus didorong melalui pemanfaatan KR Geomarin III, untuk mendukung upaya peningkatan produksi migas nasional, khususnya survei infrastruktur migas. Salah satunya, melalui kerja sama multi tahun dengan Elnusa dalam proyek survei geofisik untuk Pertamina Hulu Mahakam ini," jelas Hedi.

Ia melanjutkan, kegiatan 3rd Call terdiri dari survei geofisika dan geologi kelautan, baik secara digital maupun analog untuk survei lokasi pra konstruksi rig lepas pantai PHM.

Selaku operator Wilayah Kerja (WK) Mahakam, PHM terus aktif melakukan pemboran lepas pantai di Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Hingga akhir Desember 2018, PHM telah menyelesaikan empat rig untuk menuntaskan target mengebor 65 sumur di WK Mahakam.

KR Geomarin III selama 15 sampai 20 hari pada bulan Agustus 2019 akan dilengkapi peralatan 2D High Resolution Seismic, Side Scan Sonar, Sub Bottom Profiling, Geomagnet, Mutibeam dan sediment coring.

Kepastian spesifikasi, jumlah hari layar dan nilai kontrak masih dibahas secara intensif dengan pihak Elnusa, karena memerlukan tanggapan dari pengguna (final end-user), saat inspeksi tim ke KR Geomarin III di Cirebon.

Keberangkatan survei ini dijadwalkan setelah Kapal Riset Geomarin III menyelesaikan pekerjaan survei pemasangan OBS Cambridge University-ITB di Laut Sulawesi. Kapal Geomarin III akan dimobilisasi dari lokasi survei OBS ke Balikpapan, yang merupakan start awal survei Elnusa.

SLO Rampung, PLTA Rajamandala Siap Pasok Listrik ke Sistem Jawa-Bali
Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita