Jitunews.Com
7 Juni 2018 12:30 WIB

Bahaya! Jangan Goreng Makanan dengan Minyak Kepanasan

Sebelum digunakan untuk menggoreng, minyak akan dipanaskan terlebih dahulu. Namun, ada bahaya mengintai jika minyak kepanasan itu digunakan.

(Thinkstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menggoreng menjadi salah satu teknik memasak yang paling sering digunakan untuk mengolah makanan. Hal itu karena teknik memasak ini praktis, mudah, dan hasil masakan yang digoreng juga memiliki tekstur renyah yang menggiurkan.

Saat hendak menggoreng, minyak goreng akan dipanaskan terlebih dahulu. Untuk waktu dan suhu/temperatur dari minyak yang digunakan untuk menggoreng masih banyak orang yang tidak memperhatikannya. Beberapa orang bahkan kerap menggunakan api besar dan minyak yang sangat panas agar masakannya menjadi lebih cepat matang.

Namun ternyata, menggoreng dengan suhu minyak yang terlalu panas berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dilansir Care2, berikut lima dampak yang disebabkan karena penggunaan minyak dengan suhu yang terlalu tinggi saat menggoreng:



Simak! Sudah Sahur Malah Lemas, Ini Penyebabnya

1. Hilangnya Nutrisi

Sama halnya dengan memasak makanan dalam waktu yang terlalu lama, ternyata menggoreng makanan dengan suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral di dalamnya rusak, lho. Bahkan, jumlah kandungan vitamin dan mineral yang hilang dapat mencapai sekitar 30 hingga 50 persen.

Jangan Sepelekan Cegukan, Bisa Jadi Tanda Stroke

Halaman:
  • Penulis: Dela Fahriana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita