Jitunews.Com
25 Mei 2018 12:45 WIB

Yeay! KKP Berhasil Kembangkan Ikan Hias Laut Endemik Banggai Cardinal Fish

Jenis ikan hias laut ini dikenal sebagai ikan endemik perairan Kepulauan Banggai, Sulawesi Tenggara

Balai Perikanan Budidaya Air Laut (BPBL) Ambon berhasil mengembangkan produksi ikan hias Banggai Cardinal Fish (BCF) secara massal di laut (ist)

AMBON, JITUNEWS.COM - Kabar menggembirakan kembali muncul dari Ambon, kali ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Perikanan Budidaya Air Laut (BPBL) Ambon berhasil kembangkan produksi ikan hias Banggai Cardinal Fish (BCF) secara massal di laut. Jenis ikan hias laut ini dikenal sebagai ikan endemik perairan Kepulauan Banggai, Sulawesi Tenggara.

Sebagaimana diketahui, fenomena eksploitasi penangkapan terhadap jenis ikan ini mengakibatkan terjadinya kencenderungan penurunan stok di habitat aslinya.

"Laporan hasil pengamatan terhadap lalu lintas distribusi pemasaran BCF ke luar kepulauan banggai berdasarkan data BKIPM menunjukkan adanya penurunan dari tahun ke tahun," ungkap Doni, salah seorang penggiat usaha ikan hias BCF di Ambon, Maluku, saat ditemui belum lama ini.



Susi Pudjiastuti Ungkap Alasan Soal Kebijakan: Satu-Satunya Cara..

Sebelumnya, KKP melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan no 49 tahun 2018 telah menetapkan ikan hias BCF sebagai spesies dengan kategori perlindungan terbatas. Artinya penangkapan dibatasi pada perairan yang belum terjadi over fishing.

Digitalisasi Perkuat Bisnis Perikanan

Halaman:
  • Penulis: Riana

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita