Jitunews.Com
17 Mei 2018 20:22 WIB

Pendaringan Sosialisasikan #2019JadiPetaniPeternakNelayan

Forum Pendaringan ini dibentuk untuk merespon peringatan dari WRI, Bank Dunia, dan UNDP tentang adanya ancaman krisis pangan dan bahaya kelaparan yang akan terjadi dalam tiga dekade mendatang.

Ilustrasi petani muda (Republika)

JAKARTA, JITUNEWSS.COM - Sejumlah anak muda milenial mengambil inisiatif mengkampanyekan pentingnya kemandirian dan ketahanan pangan melalui forum Pendaringan.

Sebagai informasi, forum Pendaringan ini dibentuk untuk merespon peringatan dari World Resources Institute (WRI), Bank Dunia, dan UNDP tentang adanya ancaman krisis pangan dan bahaya kelaparan yang akan terjadi dalam tiga dekade mendatang.

Inisiatot Pendaringan, Aida Syamsuhadi, mengatakan bahwa forum ini mendesak agar semua pihak secara serius merumuskan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi krisis pangan tersebut.



Ini Lho Kendala Utama Budidaya Ulat Sutera

Pasalnya, kata dia, negara-negara yang memenuhi kebutuhan pangannya melalui kebijakan import akan menjadi yang pertama terkena dampak krisis pangan bahkan 10 tahun lebih awal dari negara-negara lainnya.

”Kita semua tentu ingin Indonesia secara fundamental kokoh. Sudah saatnya kita mengarahkan fokus perhatian pada penguatan sendi-sendi ketahanan pangan. Profesi petani, peternak, dan nelayan diakui amat penting, tapi ketiga profesi ini relatif belum cukup banyak merasakan kebijakan yang berpihak,” ujar Aida di Jakarta, Kamis (17/5).

“Ada sejenis kekuatan yang tak ingin Indonesia tangguh dengan membiarkan petani, peternak, dan nelayan kita tanpa aturan yang mampu melindungi, menjaga, dan merawat kesinambungan,” tambah Aida.

Duh, Pohon Cendana di Indonesia Terancam Punah

Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar, Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita