Jitunews.Com
16 Mei 2018 13:45 WIB

DP Gak Terjangkau, Tinggal di Rumah Warisan Jadi Pilihan

Hanya 19,42% responden di Jakarta yang mampu membeli rumah dengan biaya sendiri.

Janji kampanye Anies Sandy pada masa kampanye Pilkada 2017 untuk memberikan rumah bagi warga Jakarta belum punya rumah dengan kredit DP 0% ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kenapa sih masih menunda beli properti? Kebanyakan orang akan menjawab kalau uang muka atau down payment (DP) dan juga cicilan masih menjadi hal yang memberatkan.

Jika kamu mau membeli hunian seharga Rp 500 juta, maka kamu harus merogoh 15% untuk uang muka, yaitu sebesar Rp 75 juta. Lumayan besar kan?

Meski banyak perusahaan pengembang yang memberikan kemudahan cicilan DP hingga dua tahun, tetapi cicilannya masih lumayan kan? Setidaknya kamu harus merogoh Rp1,5 juta per bulan untuk cicilan DP.



DP Besar atau Kecil, Konsekuensinya Tuh Apa?

Masalah DP yang masih memberatkan ini terungkap dalam hasil Sentiment Survey H-1/2018 yang dilakukan oleh situs properti Rumah123 yang merupakan bagian dari REA Group Australia. Rumah123 melakukan survei yang melibatkan 1.922 responden yang tersebar di beberapa kota.

Menurut data yang diolah tim Business Intelligent Rumah123, terungkap kalau 43,24% responden yang mempunyai penghasilan di bawah Rp 10 juta kesulitan membayarkan uang muka.

Hal yang sama juga terjadi pada mereka yang berpendapatan di atas Rp10 juta. Sebanyak 43,62% juga susah membayar DP.

“DP masih menjadi masalah utama,” ujar Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung saat memaparkan hasil Sentiment Survey H-1/2018 di kantor Rumah123, Jakarta, Selasa (15/5).

“Mereka yang memiliki penghasilan bulanan baik di bawah atau di atas Rp10 juta tetap kesulitan membayar DP,” lanjut Untung.

Ternyata Bukan Cuma Generasi Milenial yang Kesulitan Punya DP Rumah Lho, Tapi…

Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita