Jitunews.Com
9 Mei 2018 09:06 WIB

Jonan Minta Regulator Tambang Jaga Tiga Hal Ini

Jonan mengatakan bahwa amanah konstitusi yang dijaga, yaitu mengenai lingkungan hidup.

Menteri ESDM Ignasius Jonan. (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, membeberkan tiga hal yang harus dipegang oleh regulator bidang pertambangan.

Poin pertama, kata dia, adalah konstitusi, sebagai regulator harus memahami Undang-Undang Dasar 1945, khususnya Pasal 33, serta Undang-undang Minerba dan turunannya. Ia pun menguraikan bahwa peraturan-peraturan yang ada sebisa mungkin disederhanakan sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Menurut saya, unit kerja saya yang paling komit, dan yang paling sungguh-sungguh mau menyederhanakan (perijinan), dibuat ringkas itu ada di unit Direktorat Jenderal Minerba," ungkap onan dalam sambutannya pada acara Penyerahan Penghargaan Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara di Jakarta, Selasa (8/5).



Presiden IPA Beberkan Tiga Tantangan Bisnis Migas Saat Ini, Apa Saja?

Jonan menuturkan, Presiden juga meminta setiap sumber daya alam digunakan secara berkeadilan, dan negara mendapatkan penerimaan yang signifikan, dimana hasilnya akan kembali lagi kepada masyarakat.

"Misalnya, konsesi tambang dulu, karena regulator jaman dulu itu jamannya beda, itu diberikan kepada perusahaan A, ini mngkin diberikan nyaris gratis, sehingga tidak ada fairness," jelas Jonan di depan pengusaha minerba.

Meski Masih Menjadi Sumber Utama Pembangkit Listrik, Porsi Batubara Akan Dikurangi

Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita