8 Mei 2018 19:04 WIB

Meski Masih Menjadi Sumber Utama Pembangkit Listrik, Porsi Batubara Akan Dikurangi

Selain menjadi penyumbang sumber energi nasional, kata Arcandra, batubara juga merupakan salah satu penyumbang penerimaan negara yang cukup signifikan.

Arcandra Tahar. (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

NUSA DUA, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, menyampaikan bahwa batubara masih menjadi sumber energi utama untuk pembangkit listrik di Indonesia hingga tahun 2050.

Namun, Arcandra menjelaskan, porsi batubara dalam bauran energi akan dikurangi secara bertahap digantikan dengan sumber energi lain yang lebih ramah lingkungan dan terbarukan.

Menurutnya, dalam roadmap Kebijakan Energi Nasional (KEN) disebutkan pemanfaatan batubara dalam bauran energi nasional ditargetkan sekitar 30% pada tahun 2025, dan menjadi hanya 25% pada tahun 2050.


Umur Cadangan Batubara Indonesia Masih 56 Tahun Lagi

"Porsi batubara dalam bauran energi nasional masih cukup besar, karena batubara masih menjadi energi yang termurah hingga saat ini. Pemerintah akan mengurangi secara bertahap. Porsinya pada tahun 2050 mendatang diproyeksikan berkurang menjadi 25% dari total penggunaan sumber energi yang ada," tutur Arcandra saat menjadi salah satu pembicara pada Coaltrans Asia 2018 di Bali, Selasa (8/5).

Pengusaha Tepis Isu Kurangi Pasokan Batubara ke PLN

Halaman:
  • Penulis: Riana

Penulis Suara Kita