Jitunews.Com
4 Mei 2018 15:31 WIB

Terobosan Baru, KKP Berhasil Produksi Massal Ikan Bubara

Ikan yang memiliki nama Latin Caranx sp ini berhasil dibenihkan secara massal setelah melalui rangkaian perekayasaan yang cukup panjang

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon berhasil memproduksi massal jenis ikan laut Bubara atau lebih dikenal di kalangan masyarakat sebagai ikan kuwe. (ist)

AMBON, JITUNEWS.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon berhasil memproduksi massal jenis ikan laut Bubara atau lebih dikenal di kalangan masyarakat sebagai ikan kuwe.

Ikan yang memiliki nama Latin Caranx sp ini berhasil dibenihkan secara massal setelah melalui rangkaian perekayasaan yang cukup panjang. Sebelumnya, kebutuhan ikan Bubara di pasaran tergantung hasil tangkapan dari alam.

Ikan Bubara dikenal dengan citarasanya yang lezat dan dikenal luas khususnya di kalangan masyarakat Indonesia Timur. Hampir secara umum restoran di kota-kota Indonesia Timur menyajikan ikan bakar Bubara sebagai menu khas.



Kepala BBPBAT Sukabumi Paparkan Keunggulan Budidaya Nila Sistem Bioflok, Apa Saja?

“Keberhasilan produksi massal ikan Bubara ini menjadi terobosan penting dalam pemanfaatan nilai ekonomi varian jenis komoditas ikan Indonesia. Ini tentunya menjadi tambahan ragam jenis komoditas perikanan budidaya yang diperhitungkan di masa depan,” tutur Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (3/5).

Menurut Slamet, jenis ikan Bubara memiliki pertumbuhan yang cepat, memiliki tingkat kelulushidupan (SR/survival rate) yang tingg dan relatif tahan terhadap infeksi penyakit.

Karakternya sebagai ikan pelagis dan sangat aktif menyebabkan ikan ini lebih adaptif terhadap pakan dan perubahan lingkungan. Di sisi lain, pangsa pasar ikan Bubara cukup luas khususnya untuk mengisi kebutuhan domestik. Cita rasa dagingnya yang baik menyebabkan ikan ini banyak diminati dikalangan masyarakat.

"Saya rasa ini jadi peluang bagus. Dengan keberhasilan produksi massal, maka produksi dapat kita genjot sesuai kebutuhan. Langkaha wal, nanti saya akan minta BPBL Ambon mempercepat pengembangannya di masyarakat, baik melalui diseminasi maupun dukungan benih ke para pembudidaya," pungkasSlamet.

Udang Gorontalo Utara Tembus Pasar Nasional

Halaman:
  • Penulis: Riana

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita