4 Mei 2018 09:19 WIB

KESDM Tetapkan Harga Kompensasi Lelang Tambang Minerba

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono, menyatakan urgensi dari Kepmen ini

Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono (Jitunews/Khairul Anwar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Igansius Jonan, telah menerbitkan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1805. K/30/Mem/2018 Tentang Harga Kompensasi Data Informasi dan Informasi Penggunaan Lahan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Dan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus Tahun 2018.

Terkait hal tersebut, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono, menyatakan urgensi dari Kepmen ini.

Dikatakan Bambang, berdasarkan UU Minerba no 4/2009, proses lelang Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) dilaksanakan sesuai kewenangan Pemerintah Daerah, sementara Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dengan memprioritaskan BUMN dan BUMD. Bila BUMN/BUMD tidak berminat, baru dilakukan proses lelang terbuka yang melibatkan swasta.


April Besok, KESDM Bakal Lelang 16 Wilayah Pertambangan Minerba

"Kepmen wilayah sudah keluar, peraturan lelangnya sudah ada, jadi bulan depan kita sudah mulai memberikan yang WIUP itu ke daerah, yang WIUPK nanti ke Menteri, tetapi kan lelangnya berdasarkan undang-undang, jadi ditawarkan dulu (kepada BUMN dan BUMD),"ujar Bambang usai Pelantikan Pejabat Struktural di lingkungan Kementerian ESDM di Jakarta, Kamis (3/5).

32 Permen Sektor Minerba Bakal Disederhanakan Jadi 3 Permen dan 11 Kepmen

Halaman:
  • Penulis: Riana

Penulis Suara Kita