Topik
16 April 2018 20:00 WIB

Ini Tiga Jurus Pertamina Amankan Stok BBM di Wilayah Indonesia Timur

Tindakan pertama untuk mengatasi pasokan adalah memodifikasi jalur distribusi dengan mengubah jalur pipa dari operasi beberapa kilang terdekat.

Dirut Pertamina Elia Massa Manik. (Dok. Tirto.id)


JAKARTA, JITUNEWS.COM — Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Elia Massa Manik, mengatakan bahwa insiden pipa minyak patah di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, berpengaruh terhadap pasokan minyak wilayah Indonesia Timur.

"Ada pengaruh untuk Indonesia timur, tetapi sudah dapat kami atasi karena memang Balikpapan memasok kawasan tersebut," kata Elia di Gedung DPR, Senin (16/4).

Elia menambahkan, tindakan pertama untuk mengatasi pasokan adalah memodifikasi jalur distribusi dengan mengubah jalur pipa dari operasi beberapa kilang terdekat.


Tumpahan Minyak Balikpapan, Arcandra: Pipa Crude Sesuai Standar dan Spesifikasi Saat Kejadian

“Kedua, pengaturan kondisi operasi. Dan, ketiga adalah mengatur komunikasi mengenai stok jumlah minyak mentah antarwilayah di kawasan Indonesia timur,” papar Elia, dikutip dari Antara.

Sebagaimana diketahui, dalam Rapat Kerja Komisi VII DPR RI dengan Kementerian ESDM dan Kementerian LHK yang digelar hari ini, Senin (16/4), terungkap bahwa putusnya pipa minyak milik Pertamina adalah karena Kapal MV Ever Judger menurunkan jangkar tepat di jalur pipa milik Pertamina.

"Kapal ini diperkirakan jangkarnya lolos. Ada miskomunikasi nakhoda sama penjaga jangkar. Jadi jangkar melorot," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla), Agus H. Purnomo.

Di tempat yang sama, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, menegaskan bahwa kondisi pipa yang putus di Teluk Balikpapan telah sesuai standar dan spesifikasi teknis sehingga dalam keadaan layak operasi saat kejadian.

Dan, dari perkembangan peristiwa tumpahan minyak tersebut, Pertamina pun telah menyiapkan pipa minyak bawah laut sebagai pengganti pipa sebelumnya yang putus. Menurut Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Wilayah Kalimantan, Yudy Nugraha, pipa pengganti tersebut akan segera dipasang setelah memperoleh izin penyidik kepolisian. Yudy pun menjelaskan, pipa yang disiapkan berjumlah 22 buah dengan panjang masing-masing 12 meter.

 

DPR Tegaskan Pertamina Adalah Korban Insiden Teluk Balikpapan
Halaman: 
Penulis : Riana

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Penulis Suara Kita

Catra Agfa

Total 3,500,285 Hits

Nana

Total 702,482 Hits

Herman

Total 689,656 Hits

De

Total 665,059 Hits

Andre

Total 473,803 Hits

Menulis Sampai Baik

Total 323,438 Hits

Rekomendasi