11 April 2018 21:31 WIB

Tok! Holding BUMN Migas Resmi Terbentuk Hari Ini

Kementerian BUMN memutuskan untuk menggunakan skema akuisisi 100% saham Pertagas.

Ilustrasi. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Migas resmi terbentuk. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menandatangani akta pengalihan saham seri B milik negara sebesar 56,96% di PGN kepada Pertamina, Rabu (11/4).

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, mengatakan, Kementerian BUMN memutuskan untuk menggunakan skema akuisisi 100% saham Pertagas.

"11 April (holding BUMN migas sudah terbentuk). Ini ada persetujuan prinsip integrasi Pertagas ke dalam PGN, jadi Pertagas sudah disetujui untuk masuk dalam PGN 100 persen. Akuisisi, itu yang paling cepat. Merger lebih lama," ungkap Harry, di Jakarta, Rabu (11/4).


Jokowi Sudah Teken PP, Holding Migas Tunggu Kemenkeu

"Terbentuknya holding BUMN Migas secara hukum terjadi saat dilakukannya penandatanganan Akta Pengalihan Saham dimana seluruh hak-hak Negara RI selaku pemegang 56,96% saham Seri B di PGN secara hukum telah beralih kepada Pertamina," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengungkapkan sebelumnya kedua belah pihak yaitu PGN dan Pertamina sebagai induk usaha Pertagas juga sudah mengerucutkan integrasi Pertagas dan PGN melalui metode akuisisi. Keduanya telah melakukan berbagai kajian-kajian dengan melihat sisi teknis, waktu, komplikasi legal, serta transaksi akuisisi.

Namun untuk berapa nilai akuisisi itu, masih dalam perhitungan oleh tim transkasi dan konsultan. PGN berharap dalam waktu dekat akuisisi Pertagas bisa segera dilakukan.

"Nilainya (valuasi) berapa, masih kajian. Dalam waktu dekat mudah-mudahan konsultan sudah mengusulkan nilai akuisisi Pertagas berapa. Kalau terlalu besar akan memberatkan holding, kami cari yang paling optimal," ujar Jobi.

Yang pasti, lanjut Jobi, dengan integrasi PGN-Pertagas ini akan ada target yang dicapai kedua perusahaan.

“Yang pasti, dengan adanya momen ini positif dengan PGN. Tumpang tindih infrastruktur yang ada bisa dihindari,” tambah Jobi.

 

DPR: Utang PGN Bakal Ganggu Holding BUMN Migas
Halaman:
  • Penulis: Riana

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita