Topik
11 April 2018 11:48 WIB

Pertamina Beberkan Penyebab Tumpahnya 40 Ribu Barel Minyak di Balikpapan

Pertamina mengklaim telah menerapkan tanggap darurat ‎dalam menangani tumpahan minyak di Balikpapan akibat kebocoran pipa.

Armada kapal Pertamina untuk mempercepat proses pembersihan Teluk Balikpapan. (Ist)


JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) memperkirakan volume tumpahan minyak yang mencemari Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, pada hari Sabtu (31/3) lalu mencapai 40.000 barel. Jumlah tersebut setara lima persen dari target produksi minyak Indonesia sebesar 800.000 barel per hari.

Direktur Pengolahan Pertamina, Toharso, mengatakan, kejadian naas tersebut disebabkan oleh putusnya pipa penyalur minyak mentah dari Terminal Lawe-lawe di Penajam Paser Utara ke Kilang Balikpapan akibat terseret sejauh 120 meter dari lokasi awal. Penyebab terseretnya pipa berusia 20 tahun itu masih diinvestigasi oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Timur.

"Volume tumpahan belum dihitung secara detail. Tapi indikasinya sekitar 40.000 barel, kurang lebih. Tapi detailnya nanti tunggu investigasi," kata Toharso di Gedung DPR, Jakarta, pada hari Selasa (10/4).


Meski Teluk Balikpapan Sudah Bersih, DPR Tetap Minta Pertamina Lakukan Ini

Toharso mengungkapkan, Pertamina telah menerapkan tanggap darurat ‎dalam menangani tumpahan minyak di Balikpapan akibat kebocoran pipa tersebut. Dengan menghentikan pasokan minyak yang mengalir melalui pipa, setelah 8 jam diketahui sumber kebocorannya.

"Tanggal 31 Maret (kejadian). Tapi bukan berarti ditemukan (pipa) hari Selasa, minyak masih ngocor. Jangan salah. Begitu kejadian, jam 8 pagi pipanya distop," paparnya.

Lebih lanjut, ia mengklaim bahwa kini kebocoran pipa tersebut sudah ditangani perusahaan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan warga setempat untuk melakukan operasi tanggap darurat dengan membersihkan lingkungan yang terdampak.

"Kami sudah bekerja sama dengan kelurahan, RT untuk membersihkan kotoran, sampah-sampah sebagai dampak (tumpahan minyak) ini dengan mempekerjakan warga sekitar. Kami beri biaya perbantuan, kami kasih uang kepada warga yang membersihkan dan dikoordinir oleh Lurah dan (Ketua) RT setempat," tuntasnya.

 

Soal Insiden Bocornya Pipa Pertamina, DPR Sarankan Adanya Investigasi
Halaman: 
Penulis : Riana

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Penulis Suara Kita

Catra Agfa

Total 3,500,285 Hits

Nana

Total 702,482 Hits

Herman

Total 689,656 Hits

De

Total 665,059 Hits

Andre

Total 473,803 Hits

Menulis Sampai Baik

Total 323,438 Hits

Rekomendasi