Jitunews.Com
21 Maret 2018 15:27 WIB

Nih, Cara Aman Mengolah Kulit Ayam Jadi Kudapan Lezat

Kulit ayam lebih banyak mengandung lemak dibanding dagingnya.

Ayam goreng. (Pixabay)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Teksturnya yang kenyal dan rasa yang lebih gurih, kulit ayam selalu menggoda. Tak hanya dibuat sate atau diolah menjadi makanan berkuah, kulit ayam juga seringkali digoreng kering, dan biar lebih renyah biasanya ditambahkan tepung terigu.

Meski lezat, tak sedikit orang yang menghindari mengonsumsi kulit ayam karena dapat meningkatkan kolesterol dan membuat tubuh gemuk karena kandungan lemak di dalamnya. Dikatakan oleh DR.dr.Samuel Oetoro, MS, SpGK, sebenarnya konsumsi kulit ayam tidak berbahaya selama Anda tidak menyantapnya secara berlebihan dan mengolahnya dengan benar.

"Yang salah adalah digoreng, minyak banyak, dicampur dengan tepung. Tepung itu kan karbohidrat sederhana dan akan menyerap minyak gorengan, dan minyak goreng ini adalah minyak jenuh, minyak yang jahat. Kalau dipakai berulang menjadi asam lemak trans, kolesterol bisa naik," ujar Samuel saat menjadi narasumber di acara Ayo Hidup Sehat pada hari Rabu (21/3).



Begini Cara Cermat Memilih Jeruk yang Manis

"Dari 40 gram itu memang 55 persen lemak tak jenuh atau lemak baik, tapi ada juga lemak jenuh atau lemak jahatnya 45 persen," katanya.

Samuel kemudian juga mengatakan bahwa jika Anda makan kulit ayam berlebihan, maka asupan lemak jahat yang masuk ke tubuh semakin banyak. Dalam 100 gram kulit ayam juga mengandung 132 miligram kolesterol.

Jadi kulit ayam bukan harus benar-benar dihindari, hanya Anda wajib hati-hati saat mengonsumsinya.

"Yang cukup bagus untuk menetralisir lemaknya dikukus atau direbus. Untuk mengurangi bahaya lemak yang terkandung, direbus dulu baru dibakar. Jadi saat direbus minyaknya keluar, saat dibakar lepas lagi minyaknya jadi lebih aman," jelasnya.

Biar Kacang Hijau Cepat Empuk? Begini Caranya
Halaman:
  • Penulis: Uty Saifin Nuha

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita