Jitunews.Com
13 Maret 2018 18:00 WIB

Wiranto Minta KPK Tunda Kasus Cakada, Mahfud MD: Itu Pasti Hoax

Mahfud menjelaskan bahwa yang dimaksud hoax adalah Wiranto tidak meminta, namun hanya memberi imbauan kepada KPK

Mahfud MD (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COMMantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD menanggapi berita soal Wiranto yang meminta KPK untuk menunda pengumuman tersangka calon kepala daerah. Mahfud menyebut berita tersebut hanyalah hoax.

"Saya tak percaya Menko Polhukam meminta penundaan cakada untuk dijadikan TSK. Itu pasti hoax. Tak mungkin dan tak boleh ada pejabat negara menyatakan itu. Proses hukum tdk boleh dipotong oleh agenda politik. Selain negara demokrasi Indonesia ini juga negara nomokradi (hukum)," ujar Mahfud MD melalui akun Twitternya, pada hari Selasa (13/3).

Mahfud menunjukan rasa tidak percayanya dengan mengutip salah satu cuitan Muhammad Said Didu berita yang disertai berita dengan judul 'Wiranto Minta KPK Tunda Pengumuman Tersangka Cakada'.



ICW Minta KPK Abaikan Permintaan Wiranto, Ini Alasannya

Mahfud kemudian menjelaskan bahwa yang dimaksud hoax adalah Wiranto tidak meminta, namun hanya memberi imbauan kepada KPK soal penundaan pengumuman calon kepala daerah yang tersangkut korupsi.

"Ya sudah diralat, berarti judul2 berita yg menyebut “meminta” itu hoax. Yang benar menkopolhukam hanya “menghimbau” bukan meminta. Dan @KPK_RI tak perlu terpengaruh oleh himbauan itu," ujar Mahfud saat membalas salah satu cuitan followers-nya.

Diketahui, Wiranto mengimbau KPK untuk menudna penyelidikan, penyidikan dan pengajuan calon kepala daerah sebagai saksi dan tersangka. Hal tersebut dimaksudkan agar Pilkada Serentak 2018 tidak terganggu.

"Ditunda dahululah penyelidikannya, penyidikannya, dan pengajuan dia sebagai saksi dan sebagai tersangka," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (12/3).

"Risiko dengan dia dipanggil sebagai saksi atau tersangka itu akan bolak-balik KPK, berpengaruh pada perolehan suara. Itu pasti akan berpengaruh terhadap pencalonannya," terang Wiranto.

Wiranto Imbau KPK Tunda Status Tersangka, JK: Masalahnya OTT Tak Bisa Ditunda
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita