Jitunews.Com
13 Maret 2018 13:36 WIB

Dilaporkan Karena Menyebar Ujaran Kebencian, Fahri: Itu Merupakan Gizi dalam Berdemokrasi

“Laporan hukum adalah bagian dari dinamika masyarakat demokrasi yg harus dinikmati."

Fahri Hamzah. (Dpr.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Duo F, Fahri Hamzah dan Fadli Zon, dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh seorang warga yang bernama Muhammad Rizki. Pelaporan ini adalah buntut dari postingan Twitter Fahri yang diretweet oleh Fadli Zon soal isi berita salah satu media yang menyatakan ketua Muslim Cyber Army (MCA) adalah seorang "Ahokers", sebutan pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Menanggapi hal tersebut, Fahri mengaku tidak mempersoalkan ada pelaporan terhadap dirinya. Karena, pelaporan adalah proses hukum yang merupakan bagian dari dinamika masyarakat demokrasi.

“Laporan hukum adalah bagian dari dinamika masyarakat demokrasi yang harus dinikmati. Sebab, setiap orang yang merasa dirugikan oleh tindakan orang lain dapat melakukan upaya hukum. Itu adalah sehat, normal dan merupakan gizi dalam berdemokrasi,” ujar Fahri di Jakarta pada hari Selasa (13/3).



Fahri Hamzah dan Fadli Zon Dipolisikan Karena Diduga Menyebarkan Ujaran Kebencian

Fahri menjelaskan bahwa cuitan twitternya yang menjadi bahan pelaporan Muhammad Rizki adalah hasil kutipan dari salah satu media besar di negeri ini. Oleh karena itu, berita tersebut menjadi tanggung jawab media tersebut.

“Mengutip sumber adalah bagian yang paling penting. Kalau orang mengutip sumber yang tidak ada, baru dia dsebut melakukan tindak pidana, kebohongan atau pemalsuan. Tetapi, kalau nara sumbernya ada, itu justru benar. Apabila narsumnya melakukan klarifikasi terhadap satu berita atau lainnya, maka itu telah dilakukan dengan baik dan kita berterima kasih kepada yang melakukan klarifikasi,” tuturnya.

“Tapi mengutip sebuah institusi resmi seperti Jawapos atau kricom atau detikcom atau semua media umum yang diketahui publik merupakan suatu tindakan yang bertanggung jawab,” pungkasnya.

Bela Fadli Zon yang Dipolisikan, Habiburokhman: Saya Yakin yang Dilakukan Pak Fadli, Aman
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar, Uty Saifin Nuha

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita