13 Maret 2018 10:54 WIB

Sering Telat Haid? Waspadai Gangguan Ini

Siklus menstruasi seringkali menjadi pertanda saat menstruasi yang dijalani tidak lagi sehat.

Ilustrasi menstruasi. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menstruasi menjadi hal yang lumrah terjadi bagi setiap wanita. Namun, ada saat-saat ketika menstruasi menunjukkan tanda tubuh sedang mengalami suatu masalah.

Selalu perhatikan siklus menstruasi Anda. Sebab, siklus menstruasi sering kali menjadi pertanda bahwa ANda sedang dalam keadaan kurang sehat. Berikut beberapa permasalahan menstruasi yang sebaiknya diperhatikan dikutip dari laman Reader's Digest pada hari Selasa (12/3).

1. Siklus yang tidak sesuai


Bahaya, Jangan Suka Cium Bayi di Bagian Bibir!

Biasanya, siklus menstruasi terjadi setiap 25 sampai 30 hari dengan masa menstruasi selama 3 sampai 7 hari. Jika ada perubahan pada siklus menstruasi, ini patut diwaspadai.

Masalah kesehatan yang cukup parah bisa mengintai seperti PCOS, gangguan tiroid atau masalah lainnya. Namun biasanya, gangguan tiroid menjadi pemicu utama perubahan siklus menstruasi.

2. Tidak menstruasi selama 90 hari

Sumber utama Anda tidak mengalami menstruasi, karena Anda sedang hamil atau perimenopause jika Anda pada usia 40 sampai 50 tahun. Jika usia Anda lebih dari 51 tahun, mungkin saja ini pertanda Anda mengalami menopause dini.

Masalah lain yang mungkin mengintai adalah penyakit menular seksual, gangguan hormon, penurunan berat badan drastis, atau terlalu banyak berolah raga.

3. Pra menstruasi sangat mengganggu aktivitas

PMS biasanya terjadi 5 sampai 7 hari sebelum masa menstruasi dan berakhir saat darah menstruasi keluar. Biasanya, keram perut dan rasa tidak nyaman menjadi PMS yang paling sering dirasakan. Serta perasaan depresi, mood swing, kembung, serta sakit kepala.

Sebanyak 40 persen wanita mengalami PMS yang berdampak pada gaya hidup. Bahkan, hingga 8 persen wanita mengalami gangguan pra menstruasi disforia yang memerlukan bantuan tenaga medis.

Kram dan nyeri yang berlebihan saat mens atau disebut dismenore, jangan disepelekan. Jika Anda sudah mengonsumsi obat pereda nyeri dan masih terasa sakit, mungkin ada permasalahan lain seperti uterine fibroid atau endometriosis.

4. Menstruasi lebih dari 7 hari

Jika momen menstruasi melebihi 7 hari, ini bisa disebabkan oleh perdarahan menstruasi berlebihan atau menorage. Menorage itu dipicu oleh adanya perubahan hormon, polip, atau fibroid di uterus dan keguguran.

Minum Banyak Air Putih Berbahaya?
Halaman:
  • Penulis: Uty Saifin Nuha

Penulis Suara Kita