Jitunews.Com
13 Maret 2018 09:10 WIB

Memilih Walkout Saat Jokowi Pidato, Ferdinand: Saya Tidak Setuju Demokrat Dukung Jokowi

Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean pilih meninggalkan ruangan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato politiknya di Rapimnas Demokrat, Sentul, Bogor, pada hari Sabtu (10/3) lalu.

Direktur Energy Watch Indonesia (EWI) Ferdinand Hutahaean (Jitunews/Garry Talentedo Keswana)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ferdinand Hutahaean selaku Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat pilih meninggalkan ruangan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato politiknya pada Rapimnas Partai Demokrat di Sentul, Bogor, pada hari Sabtu (10/3) lalu.

Ferdinand yakin, aksi walkout ini tidak akan berbuntut pada teguran dari pimpinan Partai Demokrat. Menurutnya, Demokrat sangat menjunjung tinggi demokrasi. Meskipun dia memahami bahwa kehadiran Jokowi pada Rapimnas tersebut karena memenuhi undangan. Dia sempat kaget ketika aksi walkout-nya diketahui media.

"Ini kan sikap pribadi. Di dalam Demokrat, demokrasi berkembang dan berjalan baik. Tidak ada pemaksaan kehendak dari Ketum kepada kadernya. Semua berhak ungkapkan pendapat," jelas Ferdinandpada pada hari Selasa (13/3).



Disebut sebagai Koordinator Tim Penjaringan Cawapres Jokowi, Pratikno: Enggak lah

Ferdinand merupakan mantan relawan Jokowi di Bara JP pada Pilpres 2014 lalu. Dia walkout karena kecewa kepemimpinan Jokowi selama ini.

Dengan terang-terangan dia mengaku tidak setuju jika Demokrat bergabung dengan koalisi Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang. Padahal, Ketum Demokrat, SBY, sudah membuka peluang untuk mendukung Jokowi.

"Secara pribadi saya tidak setuju Demokrat dukung Jokowi. Tapi saya kan cuma satu orang dari jutaan kader Demokrat. Kalau nanti ujungnya Demokrat mendukung Jokowi, maka semua kader harus tunduk. Bagi yang tidak setuju, ada salurannya. Diam terima atau keluar dari partai," kata dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapimnas Partai Demokrat di Sentul, Bogor pada hari Sabtu (10/3) lalu. Pada saat Jokowi menyampaikan pidato di hadapan Ketum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ada kader partai yang memilih keluar ruangan alias walkout. Dia adalah Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. 

Jaring Calon Presiden Untuk Lawan Jokowi, Presidium Alumni 212: Ini, lho Kita Punya Banyak Stok Pemimpin
Halaman:
  • Penulis: Uty Saifin Nuha

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita