Jitunews.Com
10 Maret 2018 09:54 WIB

Wah! Ini Reaksi Hotman Paris Soal Syahrini yang Dinilai Melanggar UU karena Berfoto di Jalan Tol

Pihak Jasa marga mengatakan, Syahrini melanggar Pasal 12 ayat 1 UU No 38 tahun 2014 tentang Jalan.

Syahrini kembali menjalani pemeriksaan lanjutan terkait kasus penipuan biro perjalanan umrah, First Travel, dengan didampingi Hotman Paris dan Aisyahrani, Senin (9/10) (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COMPenyanyi Syahrini mendapat kritikan soal sesi pemotretan yang dilakukannya di pinggir jalan tol di Surabaya. Aksi Syahrini tersebut dinilai membahayakan dirinya dan pengguna jalan.

Pengacara Syahrini, Hotman Paris Hutapea mengatakan, aksi pelantun lagu 'Sesuatu' itu tidak mengganggu jalan.

"Ini UU nomor 38 Tahun 2004 tentang jalan disebutkan barang siapa karena kelalaiannya mengakibatkan terganggunya jalan atau merugikan orang lain. Mengkibatkan itu syarat utama. Syahrini kan belum ada terganggu apa-apa, belum ada kejadian apa-apa. Dia cuma foto ya enggak ada masalah. Difoto kan agak di pinggir. Bukan tengah," kata Hotman di Kopi Joni, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada hari Sabtu (10/3).



Syahrini Terseret Kasus Penggelapan Uang Jamaah First Travel?

Ia mengatakan, dalam aksi yang dilakukan oleh Syahrini tersebut tidak mengandung unsur pidana. Meskipun menurutnya, Syahrini mau meminta maaf atas kejadian tersebut.

"Syahrini mau minta maaf secara jujur tapi belum ada kejadian yang mengakibatkam terganggunya jalan. Kecuali sampai macet total atau tabrakan, ya baru. Unsur ini belum terpenuhi tapi tetap dia mau minta maaf. Karena kan di UU-nya dibilang harus mengakibatkan. Inikan belum ada apa-apa kan," ujarnya.

"Belum merupakan sesuatu yang bisa dipidana. Misalnya kau sudah niat cium bibir dia sudah kau dekat dekati, duduknya pun sudah dirapat rapatin tapi belum kau cium. Memang sudah enggak sopan. Tapi kan belum. Jadi berarti unsur pidananya belum ada," lanjutnya.

Hotman mengatakan, tidak hanya Syahrini namun ada banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang melakukan pelanggaran di jalan tol.

"Kalau mau jujur tiap hari di jalan tol jalan kota justru pejabat bahkan menteri banyak yang lewat bahu jalan dengan pakai sirene lagi. Aku paling banyak langgar jujur aja. Tapi kalau gue ditangkap, aku minta maaf. Gini aja deh, siapa sih di Jakarta yang tidak pernah melanggar jalan tol? Nggak ada yang tidak ah. Cuma kalau ketahuan melanggar, ya minta maaf," ucap Hotman.

Sebelumnya, PT Jasa Marga menyesalkan aksi Syahrini yang melakukan sesi pemotretan di pinggir jalan tol di Surabaya. Pihak Jasa marga mengatakan, Syahrini melanggar Pasal 12 ayat 1 UU No 38 tahun 2014 tentang Jalan, ketentuan pidananya diatur dalam Pasal 63 yang berbunyi 'Setiap orang yang dengan sengaja melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 18 bulan atau denda paling banyak Rp 1.500.000.000,00'.

Syahrini Terancam 18 Bulan Bui?
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita