Topik
2 Maret 2018 20:45 WIB

Habis Tenggelam, Kini Ekspor Sarang Walet Menggeliat Lagi

Hilangnya pandangan negatif terhadap sarang burung Walet membuat ekspornya meningkat lagi.

Sarang Burung Walet. (Istimewa)


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ekspor sarang walet Indonesia lagi terus bertumbuh dalam masa tiga tahun belakangan ini, setelah sebelumnya lama tenggelam.

“Selama tiga tahun terakhir ekspor sarang Walet terus berkembang,” ujar Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan), Banun Harpini, dalam Musyawarah Nasional Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPSBI), Jumat (2/3).

Ekspor sarang walet Indonesia di tahun 2015 sebesar 700 ton. Angka tersebut terus mengalami peningkatan pada tahun 2016 mencapai 769 ton. Lonjakan lagi begitu besar terjadi pada tahun 2017, di mana ekapor sarang Walet Indonesia mencapai angka 1.053 ton. Melihat kenaikan tersebut Banun yakin kenaikan ekspor sarang walet akan terus berlanjut pada tahun 2018.


Volume Ekspor Sarang Burung Walet Ke China Terus Meningkat

Optimisme juga dilontarkan Ketua Umum PPSBI, Boedi Mranata, bahwa kenaikan ekspor sarang Walet pada tahun 2018 dapat mencapai 10 persen.

Sebelumnya, cerita bisnis sarang burung Walet adalah cerita sedih. Boedi bilang, bisnis Walet Indonesia sempat mengalami masa sulit. Di tahun 1996, Boedi bilang, sarang Walet sempat akan dimasukkan dalam daftar barang yang diatur. Hal itu dikarenakan pernyataan, bahwa burung Walet hampir punah.

”Kalau sudah masuk daftar barang yang diatur, maka akan sulit ekspor, karena perlu banyak persyaratan,” jelas Boedi.

Namun, setelah melalui penjelasan peternakan burung Walet, rencana masuknya sarang Walet sebagai daftar barang ekspor yang diatur telah dibatalkan. Namun cerita sedihnya tidak hanya di situ, isu penyakit flu burung pun ikut memukul ekspor sarang Walet Indonesia.

Tahun 2015, Boedi bilang, kalau sarang Walet Indonesia kembali dapat ekspor langsung ke China. Ekspor tersebut dinilai menjadi pendorong terbukanya pasar di negara lain seperti Vietnam dan Hongkong.

Kini, Walet jadi komoditi ekspor yang menggeliat lagi.

Rumah Penghasil Sarang Walet di Sekadau Kini Kena Retribusi dan PBB
Halaman: 
Penulis : Riana,Yusran Edo Fauzi

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait

Sarang Walet Pembawa Rezeki

10 Maret 2016 11:25
Penulis Suara Kita

Catra Agfa

Total 3,500,285 Hits

Nana

Total 702,482 Hits

Herman

Total 689,656 Hits

De

Total 665,059 Hits

Andre

Total 473,803 Hits

Menulis Sampai Baik

Total 323,438 Hits

Rekomendasi