15 Februari 2018 05:45 WIB

Sebar Tim Korsup di Wilayah Indonesia, KPK Wujudkan Pilkada Bersih

Penempatan tim tersebut tidak hanya untuk melakukan tindakan tapi juga memperbaiki sistem tata kelola pemerintahan

Basaria Panjaitan (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COMBanyaknya kepala daerah yang terjaring OTT, membuat KPK berencana memperkuat tim koordinasi dan supervisi (Korsup) yang disebar di seluruh Indonesia.

Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, mengatakan, penguatan Tim Korsup dilakukan untuk menciptakan pilkada yang bersih.

"Kami usahakan bagaimana pilkada dapat berjalan sebersih mungkin, tim korsup kita ini sudah ada di daerah," ujar Basaria Panjaitan dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, pada hari Rabu (14/2).


Uang Suap Digunakan Bupati Subang untuk Kampanye

Menurut Basaria, penempatan tim tersebut tidak hanya untuk melakukan tindakan tetapi juga memperbaiki sistem tata kelola pemerintahan.

"Diberikan dulu semacam warning dan diberikan bagaimana cara menghindarinya, kemungkinan terjadi OTT akan lebih besar karena seluruh tim kita ada di seluruh provinsi," ujarnya.

Basaria mengatakan, OTT bisa terjadi lebih cepat dan lebih sering. Hal ini bisa terjadi karena KPK tidak hanya mengandalkan informasi berdasarkan laporan dari masyarakat.

"Dengan adanya korsup kita di seluruh provinsi saat ini, maka informasi akan lebih akurat dan akan lebih cepat. Ini yang dinamakan terintegrasi," kata Basaria.

Arief Hidayat Prediksi MK Akan Dibanjiri Sengketa Pemilu di Pilkada 2018
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Penulis Suara Kita