Jitunews.Com
14 Februari 2018 11:37 WIB
Dibaca 2433 x

Kanker Esofagus, Kenali dan Waspadalah akan Gejalanya

Kanker esofagus adalah Kanker yang terjadi akibat pertumbuhan abnormal jaringan epitel pada kerongkongan (esofagus). Kanker esofagus dapat terjadi di bagian kerongkongan manapun...

Sumber : google ()

Kanker esofagus adalah Kanker yang terjadi akibat pertumbuhan abnormal jaringan epitel pada kerongkongan (esofagus). Kanker esofagus dapat terjadi di bagian kerongkongan manapun.

Gejala Kanker Esofagus menimbulkan kondisi seperti sulitnya menelan (Disfagia), Penurunan berat badan secara drastis, Nyeri dada yang terasa seperti tertekan atau terbakar, Gangguan pencernaan, Batuk dan suara yang parau, Muntah darah pada kondisi yang lebih parah.

Berdasarkan studi, diduga penyebab utama terjadinya kanker esofagus adalah mutasi pada DNA jaringan epitel esofagus. Mutasi ini menyebabkan regenerasi sel epitel menjadi abnormal dan tidak terkontrol.



Hay Suami, Ini Trik Sederhana Bahagiakan Istri

Jenis kanker Esofagus ini terbagi 2 jenis yaitu kanker sel skuamosa (squamous cell carcinoma) dan adenokarsinoma.

Kanker sel skuamosa terjadi pada sel berbentuk pipih yang membentuk bagian permukaan esofagus.

Untuk jenis kanker adenokarsinoma terjadi pada sel yang menghasilkan mukus untuk melumasi makanan yang melewati esofagus.

Ada 3 cara untuk mendiagnosa Kanker esofagus ini yaitu yang pertama dengan Endoskopi cara yang digunakannya yaitu dengan melakukan pengamatan kondisi esofagus menggunakan tabung tipis lentur (scope) dengan kamera di bagian ujungnya.

Selanjutnya yang kedua dengan Biospsi, cara yang digunakan adalah dengan mengambil sampel jaringan yang dilakukan bersamaan dengan prosedur endoskopi.
Sedangkan cara yang ke 3 yaitu dengan Gastroskopi, cara yang digunakan dengan mengukur derajat penyebaran kanker pada dinding esofagus.

Ditulis oleh: Ibnu Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Olahraga Bisa Dilakukan Kapan Saja, Tapi...
Halaman:

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita