Topik
12 Februari 2018 14:37 WIB

Ironis, di Jawa Tengah Masih Ditemukan Kasus Gizi Buruk

Penanganan gizi buruk di Jawa Tengah ditargetkan di bawah lima persen dan target gizi kurang, dibawah 15 persen.

Penderita gizi buruk. (Istimewa)


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tidak hanya di Asmat, ternyata di Jawa Tengah yang notabene sebagai kota "murah pangan" juga ditemukan kasus gizi buruk. Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah, Karsono, menemukan kasus ini di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Di awal tahun 2018 ini, masih ditemukan 16 kasus gizi buruk yang merupakan sisa penanganan tahun 2017.

Gizi buruk yang terjadi di kampung Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, ini menjadi ironi, karena anggaran penanganan kemiskinan sudah dinaikkan.

Gizi buruk tersebut telah menimpa balita di enam kecamatan. Di Mrebet terdapat enam kasus, Kemangkon, Pengadegan, dan Karangmoncol masing-masing dua kasus. Sementara di Bukateja, Kejobong, Purbalingga, dan Kalimanah masing-masing satu kasus.


3 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Tanpa Cottun Bud

Karsono menilai gizi buruk ini adalah kelalaian pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Penyebabnya dua, masalah kesehatan dan kemiskinan.

"Pemerintah Provinsi Jawa Tengah harus segera mengevaluasi tim kesehatan. Upaya perbaikan gizi sifatnya mendesak," kata Karsono dilansir Liputan6 pada hari Senin (12/2).

Penanganan gizi buruk di Jawa Tengah ditargetkan di bawah lima persen dan target gizi kurang di bawah 15 persen. Pemerintah Provinsi Jateng diminta fokus pada pembangunan sumber daya manusia. Penanganan gizi buruk menjadi pintu masuk hal ini.

Selain Purbalingga, daerah lain di Jateng adalah Brebes dengan 82 balita yang menderita per tahun 2016. Sementara terendah ada di Surakarta sebagai satu-satunya daerah yang bersih dari gizi buruk, disusul Salatiga dengan tiga penderita.

Berdasarkan grafik sisa kasus gizi buruk (menurut indeks berat badan/tinggi badan (BB/TB) per 30 September 2017, di Jateng tercatat ada 980 kasus. Jumlah terbanyak terdapat di Kabupaten Brebes dengan 107 kasus, disusul Kabupaten Banyumas 70 kasus, dan Kabupaten Tegal dengan 61 kasus.

Daun Ginseng dan Cabai Rawit, Ampuh Atasi Migraine
Halaman: 
Penulis : Uty Saifin Nuha

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait

7 Fakta Unik Kedelai

6 Oktober 2014 16:27
Penulis Suara Kita

Catra Agfa

Total 3,511,502 Hits

Nana

Total 704,503 Hits

Herman

Total 691,356 Hits

De

Total 666,126 Hits

Andre

Total 475,468 Hits

Menulis Sampai Baik

Total 323,511 Hits

Rekomendasi