Jitunews.Com
12 Februari 2018 12:42 WIB

Bupati Ngada yang Dicokok KPK adalah Cagub NTT dari PDIP

OTT itu sekaligus pukulan telak bagi Marianus Sae. Pasalnya, dia kini tengah menjadi Calon Gubernur di Pilkada NTT berpasangan dengan Emilia J Nomleni. Mereka diusung PDIP dan PKB.

Bupati Ngada yang juga bakal calon Gubernur NTT Marianus Sae. (Facebook/Marianus Sae)

JAKARTA, JITUNEWS.COM -Bupati Ngada, NTT, Marianus Sae, kini resmi berstatus tersangka. Ia ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui operasi tangkap tangan (OTT) pada hari Minggu, tanggal 11 Februari 2018. Dalam kasus itu, Marianus diduga telah menerima suap dari peserta pelelangan proyek di Kabupaten Ngada, NTT.

OTT itu sekaligus pukulan telak bagi Marianus Sae. Pasalnya, dia kini tengah menjadi Calon Gubernur pada Pilkada NTT berpasangan dengan Emilia J Nomleni. Mereka diusung PDIP dan PKB.

Dalam kasus Marianus Sae, KPK menemukan sejumlah bukti adanya tindakan penyuapan kepada Marianus Sae.  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Pandjaitan, mengatakan, Marianus Sae diduga menerima suap senilai Rp 4,1 miliar yang berkaitan dengan proyek.

"Total uang, baik yang transfer atau cash, sekitar Rp 4,1 miliar. Itu yang kita ketahui," kata Basaria di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, pada hari Senin (12/2/2018).

Uang tersebut, kata Basaria, diberikan oleh Direktur PT Sinar 99 Permai, Wilhelmus Iwan Ulumbu. Wilhelmus adalah seorang mitra Pemkab Ngada yang kerap mendapatkan proyek infrastruktur.



PDIP Apresiasi Langkah KPK Tangkap Cagub Usungannya

Marianus disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara Wilhelmus yang ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Bupati Marianus Sae yang Kena OTT KPK Resmi Jadi Tersangka Penyuapan
Halaman:
  • Penulis: Marselinus Gunas

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita