Jitunews.Com
8 Februari 2018 12:51 WIB

PHE Temukan Cadangan Gas di Blok Abar, Potensinya Capai 84 BSCF

Dengan penemuan ini, PHE Abar berhasil membuktikan potensi dari hazard menjadi cadangan yang sebelumnya dihindari

Kilang minyak. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Abar berhasil menemukan‎ cadangan gas di Wilayah Kerja (WK) atau Blok Minyak dan Gas Bumi (Migas) Abrar. 

PHE Abar sendiri merupakan operator untuk Wilayah Kerja (WK) Abar yang terletak di Utara WK PHE ONWJ dan sebelah Timur WK OSES. WK Abar merupakan area relinquishment dari Operator sebelumnya yaitu IIAPCO – Arco – BP.

General Manager PHE Abar, Theodorus Duma, mengatakan, ‎sejak penandatangan kontrak kerja sama pengelolaan WK Abar pada tanggal 22 Mei 2015, PT Pertamina (Persero) melalui PT PHE Abar selaku anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mempunyai program kegiatan dengan komitmen pasti selama tiga tahun pertama. ‎



Dukung Ketahanan Energi, Produksi Migas PHE Lampaui Target di 2016

"Setelah dilakukan studi Geologi & Geofisika (G&G) serta survei seismik laut 2D, PHE Abar diharuskan melakukan pemboran 1 sumur eksplorasi," tutur Theodorus, di Jakarta, Kamis (7/2).

‎Pria yang karib disapa Theo ini menuturkan, pada akhir Triwulan IV tahun 2017 PHE ABAR telah melakukan pemboran sumur eksplorasi Karunia 1-X, dari kegiatan tersebut berhasil memperoleh cadangan gas sebesar 84 BSCF di reservoir batu pasir formasi Cisubuh dan Parigi pada kedalaman 2.600 kaki atau sekitar 800 meter.

Ia lantas menjelaskan bahwa formasi tersebut merupakan play yang baru dikembangkan. Padahal sebelumnya, formasi itu dihindari karena berada dalam kategori shallow gas hazard.

"Dengan penemuan ini, PHE Abar berhasil membuktikan potensi dari hazard menjadi cadangan yang sebelumnya dihindari," tuntas Theo.

Sementara itu, dalam keterangan resminya, SKK Migas selaku pengawas mengapresiasi kinerja PHE Abar dalam menyelesaikan Komitmen Pasti kontrak. Apalagi dalam tiga tahun pertama PHE Abar berhasil menemukan sumur gas. PHE Abar dalam kegiatan pemboran sumur eksplorasi Karunia 1-X juga berhasil menghemat 30% dari angka proposal persetujuan proyek (Authority for Expenditure/AFE) yang telah disetujui.

 

Tim PHE ONWJ Selamatkan Nelayan yang Terapung di Perairan Indramayu
Halaman:
  • Penulis: Riana

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita