Jitunews.Com
5 Februari 2018 15:55 WIB
Dibaca 161804 x

Ini Dia Masakan Ndeso yang Digandrungi Pejabat

Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) juga pernah mengincipi sayur yang menggoyang lidah tersebut.

()

Maraknya makanan modern, membuat banyak orang rindu dengan makanan 'ndeso'. Kudapan yang menjadi klangenan kini justru banyak diburu masyarakat khususnya msyarakat perkotaan. Jika Anda kangen dengan makanan rumahan khas 'ndeso' tak ada salahnya jika singgah di Kampung Djowo Sekatul. Restoran nyentrik di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Resto ini menyajikan sejumlah masakan pedesaan yang jarang ada di rumah makan lain.

Salah satu menu andalan Kampung Djowo adalah sayur lompong atau sayur batang talas. Sayur lompong berbahan dasar batang talas hijau yang dipetik langsung dari kebun. Di kawasan kampung Djowo, tanaman ini banyak tumbuh di area persawahan serta pinggiran sungai.

Pengelola Kampung Djowo Sekatul, Elly Rusmilawati mengaku, menu olahan sayur lompong memang menjadi ikon restonya. Menurutnya, sayur lompong biasanya menjadi menu orang desa di Jawa Tengah, namun jarang ditemui di wilayah prekotaan.



Lezatnya Soto Tauto Khas Pekalongan

Meski sayur sederhana, Elly menyebut tak mudah untuk memasak sayur lompong. Bahkan restonya harus memasak dengan cukup hati-hati serta ditangani oleh koki khusus.

Elly mengaku , ide masakan sayur lompong karena tanaman ini cukup banyak tumbuh di daerahnya. Selain dimasak batangnya, daun talas juga disajikan untuk membuat buntil.

Penyajian sayur lompong di Kampung Djowo juga cukup unik, di mana mangkoknya menggunakan gerabah yang akan membuat rasa sayuran lebih terjaga kealamiannya. Untuk menambah rasa nikmat, biasanya ditambah makanan pelengkap, seperti sayuran segar, ikan asin Jawa serta sambal oyek. Untuk satu porsi sayur lompong dihargai Rp20 ribu, yang bisa dikonsumsi untuk tiga orang

"Batang talas atau lompong ini identik dengan rasa gatal karena mengandung getah. Tapi di sini, kuliner ini kita masak dengan bumbu dan olahan khusus," kata Elly, pada hari Senin (5/2).

Untuk memasak sayur lompong, sejumlah pramusaji Kampung Djowo membutuhkan waktu hingga 30 menit. Bumbu yang dibutuhkan, yakni gula aren, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, kencur, jeruk wangi, daun salam, laos, santan/parutan kelapa tua, garam, gula pasir serta jahe. Hidangan ini harus dimasak sekali makan agar terasa nikmat.

"Batang talas ini harus masih segar. Lalu dimasak 10 menit sampai hilang getahnya agar tak gatal. Rasanya cenderung dominan dengan bumbu rempahnya," katanya.

Masuk Mulut Langsung Crot, Duh Enaknya!

Banyak yang ketagihan kalau sudah mencoba sayur lompong Kampung Djowo. Para pejabat umumnya, Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo) juga pernah mengincipi sayur yang menggoyang lidah tersebut.

 

Ditulis oleh: fefo two

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Makanan Asal Jepang Ini Malah Populer di Indonesia, Bikin Ngiler!
Halaman:
  • Penulis: fefo two
  • Editor: Uty Saifin Nuha

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita