30 Januari 2018 10:11 WIB
Dibaca 200 x

Dana Cekak Tapi Mau Berlibur ke Luar Negeri, ke Sini Aja!

Salah satu kendala yang sering dihadapi untuk mewujudkan liburan ke luar nehgeri adalah visa.

()

Jika punya tabungan lebih, maunya, sih, liburan keluar negeri untuk melihat budaya dan keunikan negara lain. Selain bisa memberi perspektif baru, berlibur ke luar negeri juga jadi membuat kita lebih bertoleransi terhadap perbedaan. Namun, salah satu kendala yang sering dihadapi untuk mewujudkan hal ini adalah visa.

Maklum, ada sejumlah syarat yang harus dilengkapi untuk pembuatan visa, termasuk mengenai rekening koran 3 bulan terakhir dari tabungan kita. Artinya, sejumlah dana harus tersedia.
 
Tenang, ada sejumlah negara, kok, yang bisa dikunjungi bebas visa. Negara-negara di Asia Tenggara memang membebaskan visa bagi turis Indonesia. Namun jika Anda ingin liburan ke negara yang lebih ‘jauh’, 3 negara ini juga bisa dilirik.


  1/ Hong Kong & Macau (Tiongkok)
Dua destinasi yang merupakan bagian dari Tiongkok ini menjadi tempat favorit para turis Asia. Biasanya jika mengunjungi Hong Kong, turis akan melanjutkan perjalanan ke Macau dengan menaiki kapal ke Macau Ferry Terminal. Hong Kong tidak diragukan lagi populer sebagai wisata kuliner dan belanja, sementara Macau terkenal dengan bangunan-bangunan berdesain Eropa yang cantik.


Fakta atau Mitos Tentang Kanker Ini Wajib Kamu Ketahui

2/ Jepang
Sejak 1 Desember 2014, turis Indonesia yang memiliki paspor elektronik atau e-passport bisa mengunjungi Jepang tanpa memerlukan visa. Namun, belum banyak orang yang menyadari hal ini. Agar bisa mewujudkannya, sebelumnya Anda harus melakukan registrasi e-passport di kantor Kedutaan Besar Jepang, dengan membawa e-passport dan formulir aplikasi yang bisa diunduh di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver_form.PDF. Nantinya pihak kedutaan Jepang akan menempelkan stiker bebas visa di e-passport Anda. Masa berlaku bebas visa adalah tiga tahun atau sampai masa akhir berlaku paspor (mengikuti masa berlaku terpendek). Durasi masa tinggal Anda di Jepang adalah maksimal 15 hari. Jika lebih, maka Anda harus membuat visa sesuai prosedur.

3/ Jeju & PyongChang (Korea Selatan)
Jika ngebet mengunjungi Korea Selatan namun enggan membuat visa, maka Pulau Jeju adalah pilihan tepat. Sejak 2017 lalu, turis Indonesia dapat liburan ke Pulau Jeju tanpa visa, dengan durasi tinggal hingga 30 hari. Untuk mencapai pulau Jeju, Anda bisa membeli tiket penerbangan ke Hong Kong terlebih dulu, lalu melanjutkan penerbangan ke Jeju dengan pesawat Jeju Air atau Cathay Dragon. Atau, Anda bisa terbang ke Malaysia dan naik Air Asia untuk mendarat di Pulau Jeju, yang bisa disebut sebagai Bali-nya Korea!

Ditulis oleh: fefo two

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Buang Sampah Plastik di Laut, Fatal Akibatnya
Halaman:
  • Penulis: fefo two
  • Editor: Uty Saifin Nuha

Penulis Suara Kita