Jitunews.Com
28 Januari 2018 13:17 WIB
Dibaca 29797 x

Getah Pohon Ini Paling Jitu sebagai Penawar Racun

Duh, sakitnya bila anggota badan kita seperti kaki atau tangan tanpa sengaja terkena tusukan patil ikan sembilang atau ikan lele dari sungai. Ikan sembilang dan jenis ikan lain yang durinya megandung racun sangat berbahaya bila menusuk kaki atau tangan...

Dokumen Pribadi ()

Duh, sakitnya bila anggota badan kita seperti kaki atau tangan tanpa sengaja terkena tusukan patil ikan sembilang atau ikan lele dari sungai. Ikan sembilang dan jenis ikan lain yang durinya megandung racun sangat berbahaya bila menusuk kaki atau tangan.

Bila dibiarkan tanpa pertolongan pertama maka racun dari duri ikan tersebut hanya hitungan detik bisa menjalar masuk ke pembuluh darah hingga ke jantung. Orang yang terkena tusukan duri ikan sembilang langsung terasa sakit  dan panas dingin (demam).

Berikut Pengalaman penulis pernah kena tusukan duri ikan lele sungai  pada bagian punggung telapak tangan.  Ketika sedang membersihkan saringan air di pintu air masuk tambak tiba-tiba ada seekor ikan lele kecil melompat. Tanpa tidak sengaja patil lele tersentuh oleh punggung telapak tanganku. Pada saat itu langsung terasa  nyeri dan sakit pada bagian tangan yang kena tusuk. Sesaat kemudian bekas tusukan duri lele kelihatan seperti melepuh dan sakitnya amat terasa  sampai tidak sengaja keluar air kencing.



Sedih, Banyak Pasien Meninggal karena Penyakit Ini

Beruntung, aku sadar kalau duri ikan yang menusuk tadi mengandung racun. Maka sebagai pertolongan pertama yang aku lakukan adalah menghisap berkali-kali bekas tusukan agar racun yang tercampur darah dikeluarkan.  Tindakan berikutnya adalah mengoleskan getah pohon yang tumbuh di sekitar pematang tambak ke bagian luka bekas tusukan. Atas saran dari teman petambak, apabila tertusuk duri ikan laut yang mengandung racun maka salah satu obat penawarnya adalah getah pohon yang berwarna putih kental. Maka spontang kupetiklah tangkai tanaman menjalar di pematang tambak yang ada getah putihnya.

Nama tanaman itu tidak diketahui secara pasti. Namun orang lokal sering menyebutnya kangkung pantai. Karena Tanaman yang tumbuh menjalar di sekitar pesisir pantai dan pematang tambak bentuk daunnya menyerupai daun kangkung tapi agak bundar namun bukan tanaman kangkung sayur.

Cara mengambil getahnya cukup memetik tangkai atau cabang batang maka akan keluar getah berwarna putih susu kental. Selanjutnya oleskan ke luka bekas tusukan duri ikan tadi. Tunggu beberapa menit rasa sakit dan nyut-nyut segera hilang. Ternyata getah pohon ini bisa menjadi penawar racun binatang laut lainnya.

 

Ditulis oleh: Abdul Salam Atjo

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Olahan Jengkol Indonesia yang Mendunia
Halaman:

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita