19 Januari 2018 11:15 WIB

6 Hal yang Bakal Pengaruhi Industri Properti pada 2018

Saat ini, industri properti berada di fase terbawah siklus properti.

Country General Manager Rumah123 Ignatius Untung. (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung, memaparkan, ada enam hal yang akan memengaruhi bisnis dan industri properti pada 2018. Semua ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Hal itu diungkapkan Untung dalam Property Outlook 2018.

Enam hal tersebut adalah pertama, perlambatan pertumbuhan industri properti. Kedua, isu penurunan daya beli. Ketiga, digital disruption. Keempat, milenial. Kelima, serbuan developer dari China. Keenam, tahun politik.

Untung menyatakan, saat ini, industri properti berada di fase terbawah siklus properti. Menurutnya, investor harus memanfaatkannya untuk membeli dan berinvestasi.


Manager Rumah123 : Pertumbuhan Penjualan Properti Tetap Naik di Tengah Turunnya Daya Beli

Isu penurunan daya beli, menurutnya lebih tepat kalau pertumbuhan daya beli tidak sebaik tahun sebelumnya. Banyak orang yang mengalihkan pengeluarannya untuk leisure seperti traveling.

Digital disruption juga mengubah hidup orang saat ini. Bayangkan kalau aplikasi Go-Jek bisa melayani pembelian makanan setiap 8 detik!

“Sekarang orang tinggal pakai hp untuk memesan makanan, tiket, dan lain-lain. Banyak yang tidak terpikirkan sebelumnya,” ujar Untung.

Milenial juga akan menjadi isu utama. Pembeli dari kalangan ini akan mendominasi. Bahkan, jumlahnya akan meningkat pesat pada 2030.

Serbuan perusahaan pengembang dari China juga tidak boleh dianggap remeh. Sudah ada beberapa developer yang membangun proyeknya di Indonesia.

Terakhir, tahun politik di tanah air. Pada 2018 ini, sejumlah pemilihan kepala daerah akan dilangsungkan serentak. Sementara pada tahun depan, pemilihan presiden akan digelar.

Untung kembali menegaskan kondisi ini belum pernah dijumpai sebelumnya. Ada enam hal sekaligus yang akan memengaruhi industri properti.

Sebagai informasi, situs properti nomor 1 di Indonesia, Rumah123 kembali menggelar acara Property Outlook 2018 dengan tema “Menebak Arah Industri Properti di Tahun Politik” di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta pada Rabu (17/1) lalu. Rumah123 merupakan bagian dari REA Group Australia.

(Sumber: Rumah123)

22,5 Persen Orang Indonesia Pilih Properti Sebagai Investasi, Kamu Termasuk Gak?
Halaman:
  • Penulis: Riana

Penulis Suara Kita