12 Januari 2018 14:29 WIB

Soal Kerusuhan di Lapas Lambaro Aceh, Komisi III: Ada Protap yang Tidak Berjalan dengan Baik

Komisi III DPR akan meminta Kemenkumham untuk mengevaluasi pejabat-pejabat terkait yang mengelola Lapas Lambaro

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil. (dpr.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi III DPR RI meninjau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh pasca terjadi kerusuhan di lapas tersebut pada hari Kamis, tanggal 4 Januari 2018 yang lalu.

Anggota DPR RI, Nasir Djamil, mengatakan bahwa peninjauan ini bertujuan untuk melihat akar permasalahan yang memicu terjadinya kerusuhan. Pasalnya, dari informasi yang diperoleh, ada protap yang tidak berjalan dengan baik dan terabaikan.

"Ini dikarenakan ada napi-napi yang diistimewakan dan napi ini juga memberikan kontribusi kepada napi-napi lain. Ketika mau dipindahkan, mereka bereaksi dan memprovokasi napi-napi lain," ungkap Nasir melalui siaran pers yang diterima Jitunews.com pada hari Jumat (12/1).


Menkum HAM Soroti Over Kapasitas Lapas

Nasir mengatakan, Komisi III DPR RI melihat akar masalahnya dan bagaimana ke depan mengantisipasi agar kejadian ini tidak terjadi lagi. Karena sepengetahuannya, sudah kedua kali terjadi hal serupa di sini dengan tingkat yang berbeda. Pada kejadian kemarin ada kendaraan polisi yang dibakar.

"Ini menunjukkan mereka tidak main-main, membakar mobil polisi. Menurut saya, sudah berani, maka ini harus diusut dan saya pikir Kepolisian dalam konteks penegakan hukum harus tegas," tuturnya.

Lebih lanjut, Nasir mengatakan bahwa Komisi III DPR dalam rapat kerja dengan Kementerian Hukum dan HAM ke depan akan meminta untuk mengevaluasi pejabat-pejabat terkait yang ada di sini terutama di Aceh yang mengelola Lembaga Pemasyarakatan ini

“Solusi dari Komisi III, dengan datang ke sini untuk mendengar nanti dalam rapat kerja dengan Kementerian Hukum dan HAM akan memberikan pandangan-pandangan agar ke depan tidak terjadi lagi kerusuhan,” pungkasnya.

 

Kerusuhan di Lapas, DPR: Ada Keterlibatan Sipir Ikut Rekayasa
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar, Riana

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita