12 Januari 2018 11:30 WIB

Produksi Batu Bara RI 2017 Tak Tembus Target

Dari pencapaian produksi batu bara di tahun 2017 sebanyak 461 juta ton, 97 juta ton di antaranya dimanfaatkan di dalam negeri. Batu bara. (dok. Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, realisasi produksi batu bara sepanjang tahun 2017 sebanyak 461 juta ton. Angka ini berada di bawah target Rencana Kegiatan dan Anggaran Biaya (RKAB) sebesar 477 juta ton.

Di Tengah Merosotnya Harga Batu Bara, MBAP Justru Raup Untung

"Kenapa enggak tercapai? Karena ada beberapa perusahaan yang masih terkendala beberapa perizinan, AMDAL, dan lainnya. Targetnya mereka pada saat mengajukan seharusnya merencanakan itu, tapi begitu realisasi sampai sekarang belum bisa menyelesaikan itu. Akhirnya mereka tidak tercapai, proyek itu angka-angka yang sudah direncakan," kata Dirjen Mineral Batu Bara Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono, di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (11/1).

Bambang menuturkan, dari pencapaian produksi batu bara di tahun 2017 sebanyak 461 juta ton, 97 juta ton di antaranya dimanfaatkan di dalam negeri. Sedangkan, target pemanfaatan batu bara dalam negeri di tahun 2017 mencapai 121 juta ton.


PLN Berencana Akuisisi Perusahaan Tambang Batu Bara

"Kemudian untuk pemanfaatan batu bara domestik, ini masih belum sesuai dengan target, yang mana pada tahun 2017 seharusnya 121 juta ton, dan terealisasi 97 juta ton. Banyak faktor yang mempengaruhi ya, antara lain mungkin masih belum mulainya PLTU dan beberapa industri yang mengalami kendala," tuturnya.

Ia pun lantas mengatakan, pihaknya menargetkan produksi pada 2018 akan meningkat seiring dengan membaiknya harga batu bara. Pada tahun 2018, pemerintah menargetkan produksi batu bara nasional mencapai 425 juta ton. Semetara dari sisi penyerapan ditargetkan mencapai 114 juta ton.

"Harapannya bisa menjamin pasokan kebutuhan sumber energi primer dan bahan baku dalam negeri serta pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulut tambang," tuntas Bambang.

Penjelasan Menteri ESDM Soal Wacana Harga Khusus Batu Bara untuk Domestic Market Obligation

Penulis : Riana

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi