Jitunews.Com
11 Januari 2018 20:59 WIB

La Nyalla Ngaku Dimintai Uang oleh Prabowo, Ini Penjelasan Gerindra

Ferry menyebut partainya tidak melakukan pemerasan kepada bakal calon pilkada, termasuk La Nyalla

Wakil Ketua Umum Gerindra, Ferry Juliantono (Liputan6.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COMLa Nyalla Mattalitti mengaku dimintai uang saksi sebesar Rp 40 miliar oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Wakil Ketua Umum Gerindra, Ferry Juliantono membantah tudingan tersebut.

"Pak Prabowo sangat menghormati Pak La Nyalla dan tahu persis perjuangan beliau, namun kondisinya memang harus diputuskan bersama dengan partai lain," ujar Ferry Juliantono, Kamis (11/1).

Ferry menyebut uang yang dimaksud La Nyalla adalah mengenai kesiapan seorang kandidat saat maju untuk kebutuhan kampanye hingga saksi.



La Nyalla Ancam Tuntut Prabowo Subianto

"Mengenai uang yang dimaksud mungkin sebenarnya adalah kesiapan dari seorang kandidat karena memang sangat besar dari kebutuhan kampanye sampai dengan saksi, kan memang besar. Jadi bukan mahar maksudnya pasti," terangnya.

Ferry menyebut partainya tidak melakukan pemerasan kepada bakal calon pilkada, termasuk La Nyalla.

"Apalagi pemerasan, ya nggak lah. Saya tahu persis Pak La Nyalla orang yang sangat menghormati Pak Prabowo dan begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Dia lalu menjelaskan mengenai dinamika politik Gerindra di Pilgub Jatim. Gerindra tidak berhasil mewujudkan poros baru dengan merangkul PKS dan PAN, namun akhirnya mereka berpisah.

"Kami sebenarnya sudah berusaha mencoba membangun poros baru namun tidak berhasil," katanya.

Gerindra sebelumnya juga sudah memberikan surat tugas kepada La Nyalla untuk mengumpulkan dukungan dari partai lain agar syarat maju Pilgub Jatim terpenuhi. Namun, La Nyalla gagal memenuhi tugas tersebut.

"Tugas untuk mendapatkan pasangan dan dukungan partai yang ada. Namun sampai dengan waktu yang ditentukan beliau belum berhasil," sebutnya.

"Kondisi ini terus terang membuat Pak Prabowo dan Partai Gerindra akhirnya memutuskan untuk Pilgub Jatim mendukung pasangan Saifulah Yusuf dan Puti," tambah Ferry.

Sebelumnya, La Nyalla Mattalitti mengaku dimintai uang saksi sebesar Rp 40 miliar oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Uang tersebut digunakan untuk mengeluarkan rekomendasi kepada dirinya terkait pencalonan gubernur di Pilkada Jawa Timur.

La Nyalla mengatakan, Prabowo memberikannya surat tugas pada tanggal 9 Desember 2017 untuk mengumpulkan dukungan partai dalam pencalonan dirinya. Dia juga diminta Prabowo untuk menyiapkan uang saksi sebesar Rp 40 miliar untuk seluruh TPS di jawa Timur.

"Saya dimintai uang Rp 40 miliar uang saksi, disuruh serahkan sebelum tanggal 20 Desember. Kalau tidak bisa saya tidak akan direkomendasikan," kata La Nyalla saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (11/1).

La Nyalla Ngaku Dimintai Uang oleh Prabowo, Fadli Zon: Itu Miskomunikasi
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita